PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Thursday, May 5, 2011

MALANG: Promosi panggilan di Komunitas Tritunggal

Bulan Februari 2011 menjadi bulan yang mengesan bagi keluarga besar Komunitas Tritunggal Pra-Novisiat, Malang karena di awali dengan kedatangan Bp. Tris yang menjadi Guru Agama Katolik di beberapa sekolah Menengah Atas/Kejuruan di Negeri Malang.

Kedatangannya sangat mengejutkan sekaligus membawa berkat tersendiri bagi Komunitas Trinitas; beliau sedang mencari tempat untuk doa Novena 9 hari bagi anak-anak SMA dan SMK Negeri Malang. Saya mengatakan: “Ya kami mempunyai kapel yang bisa digunakan untuk doa bersama. Ada berapa orang?" tanya saya ingin tahu.”Kalau hadir semua sekitar 30 anak, katanya dengan nada pengharapan. Dia menambahkan lagi: “Suster, saya juga ingin agar anak-anak ini mengenal hidup membiara sehingga yang saya inginkan adalah dalam doa novena itu perlu diadakan syering pengalaman.” Saya menjawab: “Baiklah, walaupun saya belum tahu persis apa yang akan terjadi nantinya”. Dengan wajah gembira Bp. Tris berpamitan pulang. Dalam hati saya bertanya bagaimana saya bisa mengusahakan snack untuk mereka karena anak-anak ini tentu saja baru pulang sekolah dan pasti lapar.

Doa Novena itu dimulai pada tanggal 01 sampai dengan 9 April 2011. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Para Frater SVD, sehingga setiap hari secara bergiliran para Frater SVD dari komunitas Seminari Tinggi Rajabasa datang berdua-dua untuk memimpin ibadat Novena Hati Kudus Yesus sesuai dengan devosi kongregasi kita. Kegiatan ini Diawali dengan lagu Datanglah Roh Kudus, Hati Kudus Yesus dan diakhiri dengan lagu Maria. Sedangkan setelah bacaan Injil dan renungan singkat diadakan syering iman dalam kelompok kecil yang dipandu oleh para Suster, Pranovis dan Frater yang dilanjukan dengan syering tentang hidup membiara

Pada hari Sabtu, 09 April 2011 diakhiri dengan Misa Kudus yang dipersembahkan oleh Rm. Adji SVD yang memberi kesempatan kepada salah satu Frater untuk mensyeringkan riwayat panggilannya yang unik dan indah. Demikianlah nampak jelas dalam wajah kaula muda yang mayoritas laki-laki itu ingin tahu bagaimana sih hidup membiara itu?. Setelah Misa acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Karena banyaknya pertanyaan yang muncul dalam diri mereka maka keesokan harinya pada hari Minggu, 10 April 2011 mereka diundang ke komunitas SVD di Jl.Terusan Rajabasa 6 Malang sehingga mereka dapat melihat sendiri di mana para frater hidup dan tinggal. Semoga kita dapat menemukan cara-cara baru dalam mempromosikan hidup kita kepada kaula muda dengan menjawab kebutuhan mereka saat ini.

Sr. Odilia, SSpS
Infokom no.20, April 2011

No comments:

Post a Comment