PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Monday, December 5, 2011

SURABAYA : Live the Book of Life 18-20 November 2011

Dalam rangka tahun anak dan katekese yang telah dicanangkan Keuskupan Surabaya, Paroki Hati Kudus Yesus meresponnya dengan mengadakan sebuah acara Live the book of life dengan tema “Allah itu baik”. Acara diselenggarakan di Galaxy Mall, pada tanggal 18-20 November 2011, mulai Pk 10.00 - 22.00 WIB. Lebih dari 12.000 pengunjung memadati Exhibition Hall selama acara berlangsung.

Dalam acara ini anak-anak diperkenalkan dengan Kitab Kehidupan yaitu Kitab Suci, baik Kitab Suci Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Berangkat dari keprihatinan bahwa Kitab Suci memiliki image kering dan membosankan sehingga kurang menarik bagi kebanyakan anak, maka panitia mencoba merangkumnya lewat setting dalam lorong Kitab Suci. Selama menelusuri lorong ini, dipaparkan kepada anak-anak tentang seluk beluk Kitab Suci. Di lorong ini pula para suster SSpS yang berjumlah 24 Suster dari Komunitas RKZ dan Komunitas Provinsialat turut berpartisipasi sebagai Tour Leader bagi anak-anak. Para suster ditantang untuk dapat menjelaskan sejarah Kitab Suci secara menarik.




Kesan kurang menarik terhadap Kitab Suci rasanya mulai berubah ketika anak-anak mulai mengunjungi setiap booth (semacam Stan yang dibuat semenarik mungkin) ada 17 booth/stan, yang dimulai dari booth Kejadian, Bahtera Nuh, 10 perintah Allah, Daniel dimulut singa, Yunus di perut ikan, Gembala yang baik, Kelahiran Yesus, Penjala manusia, Yesus meredakan angin rebut, Lima roti dan dua ikan, Domba yang hilang, Biarkan anak-anak datang kepadaku, Satu tubuh banyak anggota, Perjamuan terakhir, Wafat Yesus, Maria Bunda Tuhanku dan booth St. Angela. Ketika anak-anak berkunjung di setiap booth mereka mendapat penjelasan sekaligus pertanyaan dan hadiah serta souvenir. Anak-anak semakin antusias ketika di ujung perjalanan mengunjungi booth, mereka diminta memberikan suara mereka lewat angket booth favorit.

Bukan hanya itu saja yang membuat anak-anak tetap kerasan di acara ini. Disediakan permainan-permainan seperti buah-buah roh (menggayuh buah-buah yang tergantung), Camel and Needle (melempar gelang besar ke leher unta), Babble Tower (Uno balok), Shepherd (menghitung domba), The fisherman (memancing ikan) dan masih banyak lagi. Setelah melakukan permainan anak-anak diminta untuk menjawab pertanyaan, disediakan hadiah bagi setiap pengunjung. Selain permainan, dibuka pula berbagai perlombaan, mulai dari paduan suara, fotografer, mewarnai sampai menyusun mosaik bersama orang tua.

Para pengunjung memberi tanggapan positif terhadap acara ini dan berharap tahun depan diadakan lagi. Kiranya kesuksesan acara ini didukung pula dengan doa-doa yang terus teruntai selama tiga hari. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Uskup Surabaya. Mgr. Vincentius Sutikno. Disediakan ruang doa dan selalu saja ada orang yang duduk hening berdoa di tengah-tengah hiruk pikuknya pertunjukan. Dipenghujung acara ini semua peserta dan panitia diajak untuk menyanyikan bersama tentang “Allah sungguh baik” kemudian dilanjutkan dengan panggung gembira. Semua yang hadir diundang untuk menyuguhkan bakat dan kemampuan mereka, ada yang menampilkan dalam bentuk lagu, dance/tarian dan lagu. Tepat Pk 22.00 WIB acara di tutup. Besar harapan setelah acara ini anak-anak makin mencintai Kitab Suci.


Sr. Veronika Lili, SSpS
Infokom edisi ke-45, November 2011

No comments:

Post a Comment