PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Friday, October 23, 2015

Pembukaan Probasi di Timor



Dalam suasana hikmat, hening dan sederhana di atas batu karang pembukaan masa probasi di Kupang, Oebello-Timor diawali dengan rekoleksi persiapan tang-gal 9 September 2015 setelah makan malam dengan sharing perasaan dan keesokan harinya ibadat pembukaan yang dipimpin oleh Sr. Kristin, SSpS (Pro-vinsi Timor) dengan tema: “Bertolaklah ke Tempat yang Lebih Dalam dan Tebar-kanlah Jalamu” dengan dinamika yang kreatif, dan sederhana hingga menghan-tar kami untuk memasuki masa probasi. 

Tanggal 10 September 2015 pk. 10.00 WITA masa probasi resmi dibuka dengan Perayaan Ekaristi yang dipersembahkan oleh P. Us Baldus SVD, dihadiri oleh tiga komunitas terdekat antara lain: Komunitas St. Yoseph Merdeka, Komunitas St. Scholastica Liliba dan Komunitas Belo serta tetangga sekitar rumah probasi. Bersama dengan kesebelas probanis yang datang dari 5 Provinsi antara lain:
1. Provinsi Flores Barat:  Sr. Maria Da-laurdes Bitagemian, SSpS, Sr. Ana Anim, SSpS dan Sr. Margaretha Mare, SSpS;
2.      Provinsi Flores Timur: Sr. Paulina Hermana Atawolo, SSpS dan Sr. Marga-reta Ngara, SSpS;
3.      Provinsi Kalimantan:  Sr. Lena Herlina, SSpS;
4.      Provinsi Timor: Sr. Marietis Atty, SSpS dan Sr. Apriana L. Niti, SSpS serta
5.    Provinsi Jawa: Sr. Veronika Samosir SSpS, Sr. Theresia Sako, SSpS dan Sr. Silvia, SSpS

Dalam kotbahnya Pater Us Baldus, SVD memberi judul: “Orang-Orang Pilihan Allah Hendaklah Bertolak ke Dalam”. Seperti dalam Surat Paulus kepada Jemaat di Kolose orang-orang pilihan Allah me-miliki karakter antara lain: belas-kasihan, kerendahan hati, kesabaran, mengam-puni, semangat kasih dan bersyukur. Diungkapkan dalam hati dan mulut me-reka, melaksanakan sesuatu demi dan dalam nama Allah. Kami diajak untuk merefleksikan apakah kekhasan orang-orang pilihan Allah di atas sudah menjadi milik?  

Dalam bacaan Injil dikisahkan bahwa Tuhan memilih orang sesuai dengan kehendak-Nya. Panggilan itu misteri dan merupakan pemberian Allah. Bertolak ke dalam berarti ke hati untuk melihat, mengetahui apa yang Tuhan mau sehingga masa persiapan untuk Kaul Kekal 9 bulan akan mendapat lebih banyak buah-buah Roh Kudus. Kemudian ditekankan pula soal taat atau ikut perkataan Yesus merupakan hal yang penting. Perayaan Ekaristi dirayakan dengan penuh rasa syukur, bahagia dan hikmat.
Setelah Perayaan Ekaristi acara dilan
jutkan dengan makan bersama dan ditutup dengan ucapan terima kasih dari Probanis yang diwakili oleh Sr. Silvia, SSpS (Provinsi Jawa), sambutan dari Sr. Veronika, SSpS selaku Provinsial Timor dan Sr. Emiliana SSpS (Provinsi Timor sebagai pendamping probanis) serta doa penutup.

                                                                                                              Infokom Edisi 48, Oktober 2015
                                                                                                                                         Sr. Silvia, SSpS
 

No comments:

Post a Comment