PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Friday, October 23, 2015

Pembukaan Probasi di Flores Timur



Para Suster Probanis bersama Pendamping dan 
Sr. Margaret Hansen dari CLT (tengah)
 
 Ytk. Sr. Ines Setiono, SSpS dan Tim Pimpinan Propinsi beserta para Suster di setiap Komunitas.

Salam kasih persaudaraan dari lembah Hokeng, Flores Timur.

Sabtu yang indah tepat pk. 15.30 WITA, kami tiba di Biara Provinsi Maria Pembantu Orang Kristen Kewapante. Hati kami dipenuhi kasih saat disambut oleh para Suster. Kami merasa dipenuhi kobaran api cinta Roh Kudus yang menyatukan kami sebagai SSpS.


Tanggal 6 September 2015, sekitar pk. 14.00 WITA kami bertujuh berangkat dari Kewapante menuju Hokeng dengan menumpang Oto. Bagasi atas Oto menjulang tinggi dipenuhi barang-barang kami. Tawa ria dalam perjalanan menuju lembah Hokeng. Sr. Hermine Beding, SSpS dari Kalimantan menyambut kami dengan senyum khasnya. Kami juga berjumpa dengan Sr. Yasinta Ota, Sr. Marieta dan Sr. Sophia. Suasana terasa akrab. Sr. Christina Edith, SSpS pendamping probanis Hokeng menunggu dengan setia.

Selasa, 8 September 2015 pada pesta Kelahiran Santa Perawan Maria, kami mengawali hari dengan ibadat pagi kreatif.  Sr. Christina Edith menuntun kami dengan dinamika menanam benih. Seperti benih yang mati untuk melahirkan ke-hidupan baru, dalam rahmat Roh Kudus, kami  pun mau meninggalkan segala sesuatu yang menghambat kami untuk mengikuti Kristus dan menghidupi  se-mangat baru sebagai murid perempuan Yesus dengan harapan-harapan baru.

Pembukaan Probasi di Hokeng dirayakan dalam Misa Kudus yang dipimpin Rm. Sipri Sande, Pr pada sore hari, pk. 18.00 WITA, bertempat di kapela komunitas Hokeng dengan iringan koor oleh anak-anak asrama Emaus dan St. Agnes Hokeng serta dihadiri oleh Sr. Inosensia, Provinsial SSpS Flores Timur, para suster di komunitas Hokeng, komunitas Postulan dan karyawan. Sr. Margaret Hansen, SSpS dari CLT yang sedang visitasi juga turut hadir.

Dalam homilinya, Rm. Sipri Sande berpesan bahwa masa khusus probasi ini merupakan kesempatan bagi para Suster untuk mengalami “misteri rohani dikandung dan mengandung”. Dikandung dalam rahmat Allah untuk lebih menghayati cintaNya. Para Suster seperti perempuan yang sedang mengandung dan melahirkan kehidupan baru diharapkan setelah masa khusus ini, para probanis juga mampu membawa kehidupan baru bagi siapa saja yang memerlukan dan dilayani. Sebagai ungkapan penyerahan diri pada Allah, kami menyanyikan lagu “Persembahan Hati”.

Usai Ekaristi, kami melanjutkan ramah tamah di ruang makan komunitas. Dalam kehangatan dan kegembiraan perjamuan, Sr. Margaret menyampaikan rasa bahagia dapat menghadiri pembukaan probasi di Indonesia, dengan jumlah probanis 21 suster (10 suster di Hokeng dan 11 suster di Timor). Probasi adalah kesempatan melihat kembali cinta Allah yang setia. Dalam kesempatan ini para probanis menyanyikan lagu “Kau telah memilihku”. Setelah makan, kami bertemu dengan Sr. Inosensia untuk mendengarkan pesan-pesannya dan mengungkapkan perasaan.

Demikian sharing kami tentang pembu-kaan probasi di Hokeng. Seraya bersyukur pada Allah, kami mengucapkan limpah terima kasih atas doa-doa para Suster, sehingga kami bertiga boleh tiba dengan selamat di Hokeng dan memulai probasi. Kami tetap mengharapkan doa-doa dan dukungan para Suster.

Dalam peziarahan ini, kami berjumlah 10 orang yaitu Sr. Krisna Saragih, SSpS,  Sr. Harna Tobing, SSpS, Sr. Dina, SSpS (Jawa), Sr. Sophia, SSpS (Kalimantan), Sr. Yasinta Ota, SSpS, Sr. Marieta, SSpS, Sr. Yustina Intan, SSpS (Flores Timur), Sr. Agnesty, SSpS, (Flores Barat), Sr. Fransiska, SSpS (Flores Barat) dan Sr. Katarina, SSpS (Timor).

Bersatu dalam kasih Allah Roh Kudus, Salam kami dari lembah Hokeng, Flores.


                                                                                                               Infokom Edisi 48, Oktober 2015
                                                                                                            Sr. Krisna, Sr. Harna, dan Sr. Dina

No comments:

Post a Comment