PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Friday, February 11, 2011

Surat dari Para Probanis

Salam Damai dalam Kasih Allah Roh Kudus

Sr. Ines dan para suster, selamat berjumpa semoga para suster dalam keadaan baik dan sehat. Bagaimana dengan kapitel provinsi kita? kami berharap dapat membawa pembaharuan untuk hidup dan karya pelayanan kita.

Para suster tidak terasa kami berdua sudah 3 bulan berada di pulau Flores dan sudah rindu dengan provinsi Jawa. Kami tiba di Kewapante tanggal 11 September dan pada tanggal 12 September, besoknya kami langsung ke Hokeng tempat kami menjalani masa probasi.

Pada tanggal 15 September secara resmi masa probasi dimulai dan dibuka oleh Sr. Mikaelin Bupu, SSpS. Adapun tema masa probasi ini adalah Aku telah melihat Tuhan. Jumlah probanis 8 suster yang terdiri dari provinsi yang berbeda; 2 suster dari Flotim, 2 suster dari Jawa, 3 suster dari Timor dan 1 suster dari Kalimantan. Pendamping kami yaitu Sr Sesilindah Blikololong, SSpS. Kegiatan ini kami awali dengan masa orientasi selama 3 hari untuk mengenal lingkungan sekitar biara. Kami sungguh mengagumi kekayaan dan keindahan alam dengan hasilnya yang melimpah dan tanah yang subur. Setelah orientasi tempat, acara dilanjutkan dengan Community Building dan pembuatan visi-misi dan program sebagai komunitas probanis.

Acara dan kegiatan kami lebih banyak waktu untuk pengolahan diri dan pastoral di paroki-paroki dan stasi yang kami laksanakan setiap minggu ke-4 pada hari Sabtu dan Minggu. Sr. Dominika di paroki Hokeng sedangkan saya Sr. Lusia di paroki Boganatar yang jaraknya 30 menit dari Hokeng. Bagi kami pengalaman ini tidak mudah untuk melepas dan menerima situasi baru dan masih perlu belajar terus menerus dimanapun kami diutus. Paling tidak kami sudah mengalami sebagai seorang misionaris di daratan Flores, meskipun belum seperti Bapak Joseph Freinademetz, namun sudah kami merasa sudah ada perubahan fisik yaitu kulit kami sudah hitam.

Kami bersyukur untuk masa probanis ini, kami sungguh mengalami kebaikan Allah melalui orang-orang yang kami jumpai dan secara khusus kami diundang untuk mengenal diri dan beriman pada Dia.

Sr.Ines dan para suster, demikian kabar dari kami, kami mengucapkan syukur serta limpah terima kasih untuk segala kebaikan, perhatian serta cinta yang boleh kami alami selama ini.

Salam kasih persaudaraan
Sr. Lusia, SSpS dan Sr Dominika, SSpS

Infokom no. 6, Januari 2011

No comments:

Post a Comment