PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Monday, February 7, 2011

KOM. St. Agnes merayakan Pesta Nama


Pada tanggal 21 Januari 2011, keluarga besar SMPK dan SMAK St. Agnes, Surabaya merayakan pesta pelindung sekolah.. Tema perayaan tahun ini “Kita Hadirkan Keteladanan St. Agnes Dalam Meningkatkan Semangat Belarasa”.

Pada perayaan tahun ini terasa cukup istimewa karena SMPK St. Agnes telah eksis selama 59 tahun di dunia pendidikan, dan pada tahun 2012 akan merayakan pesta Intan, sedangkan SMAK St. Agnes sudah berusia 47 tahun dan pada tahun 2013 akan merayakan pesta emas.


SMPK St. Agnes sebagai “Go Green School”.



Rangkaian kegiatannya adalah:
1. Lomba antar kelas di mulai tgl 14-15 Des 2010, yang bernuansa lingkungan hidup antara lain, menghias kelas, mading, fotografi, story telling, basket, teknologi tepat guna, stag got talent serta diramaikan dengan bazar.
2. Lomba antar Sekolah Dasar se-Surabaya pada tanggal 17 Januari 2011 di SMPK St. Agnes, antara lain;
  • Lomba science English Olympiad (Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika). SDK St. Theresia sebagai juara I dan II,
  • Lomba fashion daur ulang dengan desain sendiri dimenangkan oleh SDK Pecinta Damai
  • Lomba menggambar dibagi dengan 2 kategori, antara lain kategori A (kelas I-III) dimenangkan oleh SD Untung Suropati; sedangkan untuk kategori B (IV-VI) dimenangkan oleh SDK St. Theresia I
  • Lomba karaoke juga dibagi dalam 2 kategori yang sama, untuk kategori A dimenangkan oleh SDK St. Theresia I sedangkan untuk kategori B dimenangkan oleh SD YPPI IV
  • Pelatihan pembuatan youghurt ditunda setelah kegiatan pesta nama
4. Sebelum kegiatan lomba-lomba, tanggal 16 Januari telah diadakan kegiatan bakti sosial ke bapak-bapak becak, masyarakat sekitar lingkungan sekolah yang miskin, dan korban bencana alam Wasior, Yogyakarta dan Mentawai.
5. Jalan sehat bersama warga sekolah SMPK dan SMAK St. Agnes serta SMKK Mater Amabilis serta para suster, tanggal 16 Januari.

SMAK St. Agnes

Seperti halnya dengan SMPK St. Agnes, SMAK St. Agnes juga melakukan rangkaian kegiatan yang dimulai sejak tanggal 14 Desember 2010 antara lain; lomba antar kelas, bazar selama 2 hari, donor darah bekerjasama dengan PMI yang juga melibatkan karyawan kantor Yayasan Yohanes Gabriel Perwakilan II, kegiatan bakti sosial dengan bagi-bagi sembako kepada bapak-bapak becak, tukang sampah dan warga sekitar Sport Hall yang bertujuan untuk melatih siswa berempati dengan lingkungan sekitarnya. Ada juga lomba yang diikuti oleh Sekolah Menengah Pertama se-Jawa Timur dengan tema “St Agnes INTELLIGENCE COMPETITION 2011” (Bahasa Inggris, IPA dan Matematika). Untuk lomba yang diikuti oleh SMP ini memperebutkan piala bergilir dari Walikota Surabaya yaitu Ibu Ir R.Tri Risma Harini,MT. Sebagai juara umum untuk lseluruh kali ini adalah SMP PETRA.

Pada tanggal 17 Januari 2011 di buka lomba antar SMP se-Jatim yang bertempat di halaman SMAK St. Agnes oleh Bapak Moerjono selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Diknas, dan penyerahan hadiah dilakukan tanggal 18 Januari di halaman SMAK St. Agnes. Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain; Walikota Surabaya, Camat Tambaksari, Kapolsek Tambaksari, Koramil Tambaksari, Para suster komunitas St Agnes serta para warga SMAK St. Agnes.

Kegiatan semacam ini sudah diselenggarakan 10 tahun yang lalu tetapi sempat terhenti beberapa tahun, dan sekarang dimulai kembali. Dalam penyerahan hadiah ini Walikota Surabaya menyampaikan kata sambutannya yaitu terus mendukung kegiatan ini dan mengusulkan agar memunculkan lomba-lomba dalam bidang yang lain seperti olahraga. Beliau juga mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dan sangat terkesan dengan suguhan acara dari siswa-siswi SMAK St. Agnes berupa tarian tradisional dan gamelan serta menampilkan sinden dari siswa SMAK St. Agnes sendiri.

Sebagai kelanjutan dari kegiatan ini maka pada tanggal 30 Januari akan diadakan Launching Reuni Ikatan Alumni dan Launching Website Ikatan Alumni, mulai angkatan 1963 hingga 2010 di Sport Hall St. Agnes.



STAG CUP ( St AGNES CUP )

Menjelang pesta nama diselenggarakan STAG CUP IV yang melibatkan peserta dari tingkat SD hingga SMA dan mendapat sambutan dari banyak sekolah di Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 8-18 Januari 2011 di Sport Hall St. Agnes, meliputi lomba Basket dan Futsal, baik putra maupun putri, dan sebagai juara umum lomba basket dan berhak atas piala bergilir selama dua kali berturut-turut adalah SMA IPH,sedangkan juara lomba futsal SDK ST Maria – Blitar (tingkat SD ).

Puncak dari seluruh kegiatan baik SMPK dan SMAK St. Agnes berupa Misa Syukur yang dilakukan di gedung Sport Hall St. Agnes. Perayaan Ekaristi di persembahkan oleh P. Raymundus I Made Sudhiarsa, SVD dan P. Stefanus Setyo Kumoro Aji, SVD. Koor oleh Siswa – siswi SMPK St Agnes, SMAK St Agnes, beberapa Guru dan beberapa Alumnus.

Dalam khotbahnya Pater Ray, SVD mengundang umat untuk merenung sejenak, mengingat kembali kata–kata yang memberi motivasi. Menurut beliau betapa penting dan berarti kata–kata yang memberi motivasi bagi hidup kita karena mampu mengubah hidup kita. St Agnes juga memiliki keteladan hidup yang  patut kita hidupi saat ini.

Setelah perayaan ekaristi acara dilanjutkan rangkaian kata sambutan yang dimulai dari Ibu Tri Boedi S.Pd (Ketua panitia SMPK ST Agnes ) dan Ibu Wayan (Ketua panitia SMAK St Agnes). Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan “ pada pesta nama St Agnes ini menjadi tonggak keberangkatan untuk memajukan citra kemandirian. Kemudian dilanjutkan sambutan kepala sekolah kedua sekolah yaitu SMP dan SMA, dan rangkaian sambutan ditutup dengan sambutan dari Ketua Yayasan St Yosef freinademetz, yang diwakili oleh Sr Yosefa, SspS. Dalam sambutannya beliau mengajak kita semua untuk jujur, berani dan setia kepada diri sendiri dan Tuhan agar kehadiran kita sanggup mewartakan kasih Allah.

Ibu Welas Asih
Ibu Yanti
Pada kesempatan ini Sr Yosefa , Bpk Purnomo (Kepala Sekolah SMAK St Agnes) dan Sr M Yustina, menyematkan tanda penghargaan 25 tahun berkarya bagi Ibu Yanti (guru SMAK St Agnes ) dan Ibu Welas Asih ( Karyawati Biara ).

Sr. Elisabeth Tei Seran, SSpS
Infokom edisi no. 5, Januari 2011

No comments:

Post a Comment