PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Friday, January 10, 2014

SURAT DARI STUDEN JAKARTA …..

Para Suster berikut saya kirimkan sedikit berita dan gambaran keterlibatan bersama STIK Sint Carolus dalam keprihatinan saudara/saudari kita yang sudah meng-ungsi di POSKO PENGUNGSI BANJIR GOR OTISTA JAKARTA TIMUR.

Mereka terdiri dari 512 KK, dengan jumlah pengungsi:
Dewasa           : 1684 orang
Anak balita      : 272 anak
Ibu Hamil        : 32 ibu
Lansia              : 80 orang

Kebanyakan mereka berasal dari Kelurahan Bidaracina, Kampung Melayu dan Kampung Pulo. Rumah mereka ada yang semi permanen/permanen terendam air hingga 110 cm. Mereka sudah mulai ditampung sejak satu minggu yang lalu, hanya 2 hari ini bertambah karena curah hujan meningkat dan di rumah mereka semakin terendam, ada yang mulai sakit... ngregesi, demam, diare, ISPA  dan gatal.

Posko dengan cukup logistik ditangani oleh BNPP dan Menwa Daops VIII termasuk dapur umum yang memasak untuk mereka, kami terlibat dalam Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) memberi animasi supaya mereka tidak terlalu sedih dan melamun, mulai latihan Senam Brain Game, Joget sesar... dll... anak-anak kecil lebih pandai njoget, latihan otot progresif, senam ergonomik dan beberapa topik penyuluhan seperti budaya cuci tangan dan gosok gigi,... ya terutama dengan anak-anak. Mereka ditanya juga gembira saja karena merasa dapat banyak teman.

Untuk pelayanan kesehatan ditangani Dinas Kesehatan dengan Puskesmasnya. Syukurlah ada mahasiswa yang sedang Stase Komunitas dengan ibu dosennya (Bu Indri) antusias ikut pengabmas sehingga bergantian per kelompok ± 18 orang per hari hadir di sana, mulai Senin kemarin.


Hal yang memprihatinkan sarana MCK yang terbatas, meski ada tapi menjadi kotor karena banyak orang dan punya budaya hidup sehat yang beraneka. Mudah-mudahan mereka dapat segera kembali. Berikut gambar halaman belakang GOR yang dipakai untuk mengungsi juga gedung pertemuan depan.


 
Demikian yang dapat saya sampaikan, tetap mohon doa. Terima Kasih

Berkah Gusti.
Sr. Emil Eko SSpS

Infokom Edisi 34 - Februari 2014

No comments:

Post a Comment