PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Friday, August 28, 2015

Penerimaan Novis Baru SSpS 2015

Tanggal 24 Juni 2015 bertepatan dengan hari raya kelahiran St.Yohanes Pembaptis diterima 3 orang pranovis untuk memasuki masa novisiat dengan motto yang mereka ambil “Akulah Gembala yang Baik” (Yoh 10:11). Para novis yang baru diterima adalah Sr.Roma Ulina Situmorang (Batak), Sr.Sebastiana Bei (Flores Bajawa), dan Sr. Dolorosa Walilo (Papua). 


Penerimaan novis dilaksanakan dalam Ibadat dan Adorasi Sakramen Mahakudus di-mulai pukul 10.00 WIB di kapel Komunitas St.Maria, Batu, dipimpin oleh P. Agustinus Hutrin SVD. Acara ini dihadiri oleh para Suster SSpS dari berbagai komunitas antara lain RSK St. Vincentius a Paulo, St.Agnes Mendut, Provinsialat, Kesamben, Biara Roh Kudus Blitar, RSK Budi Rahayu Blitar, Trinitas Malang, Syalom, Dharmaningsih, anggota PARK Batu, Komunitas Novisiat SVD Batu, Seminari Tinggi SVD Malang, CP putri Batu, CP putra Batu, perwakilan Novisiat Karmel dan umat. Hadir juga dalam acara ini Rm.Yanuarius Dou, Pr (Keuskupan Jayapura) dan Sdr. Paulus yang tinggal di Malang mewakili keluarga Sr.Dolorosa dan keluarga Bapak Eddy (guru organ novis) yang tinggal di Batu mewakili keluarga Sr. Sebastiana dari Bajawa.

Acara dimulai dengan perarakan dari depan rumah novisiat menuju kapel St.Maria dilanjutkan dengan ibadat penerimaan dan adorasi Sakramen Mahakudus. Dalam homilinya P. Hutrin SVD menyampaikan pesan agar para novis bersedia terbuka terhadap rencana Allah dalam hidup dan panggilan dengan cara formasi di Kongregasi SSpS, terutama saat ini melalui pendampingan Sr.Sisilia Andri SSpS sebagai pendamping novis serta belajar dari para suster di Komunitas St.Maria yang mayoritas adalah para suster senior dan telah berjuang menghayati hidup bakti dalam kesetiaan mereka. 

Sr.Sisilia Andri SSpS dan Sr.Ines Setiono SSpS juga memberikan bekal kepada para novis baru agar memasuki dan menjalani masa novisiat dengan penuh semangat karena masa ini adalah masa yang paling indah dan fondasi rohani dalam hidup panggilan selanjutnya yang tidak akan terulang lagi.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah di ruang rekreasi dan refter Komunitas St. Maria dengan penampilan yang memeriahkan suasana. Kapel didekorasi dengan 3 kain yang berasal dari masing-masing daerah asal para suster novis baru (Batak, Flores Bajawa dan Papua) sedangkan ruang ramah tamah di dekorasi dengan nuansa Jawa dan alunan gamelan Jawa yang menggambarkan bahwa mulai sekarang para suster novis baru resmi diterima se-bagai anggota SSpS di Provinsi Jawa.

Dalam sambutannya mewakili keluarga, Rm.Yanuarius Dou Pr. menyampaikan bahwa Sr.Dolorosa adalah suster pertama dari sukunya di Papua dan pentingnya memahami karakter dan latar belakang setiap orang berdasarkan sukunya untuk saling memperkaya satu sama lain dari ketiga suster novis baru yang berasal dari ber-bagai macam suku sesuai dengan semangat komunio Allah Tritunggal.

Penerimaan novis baru tahun 2015 ini pertama kalinya diadakan di Kapel Komunitas St. Maria. Para Suster merasa senang karena banyak hal dirasakan membawa sukacita dan kebaikan; Para Suster senior terutama yang ada di St. Maria semua dapat menghadiri dan mendukung secara langsung upacara penerimaan novis baru ini, panitia yang terdiri dari para novis dan pra-novis mengalami persiapan pesta penerimaan novis tahun 2015 lebih cepat, ringan dan lancar karena peralatan dan perayaan berada di rumah yang sama, saat pe-rayaan dan ramah tamah tamu undangan juga dapat menikmati acara dalam suasana kekeluargaan yang akrab.




Sr. Dewi SSpS
Infokom Edisi 46, Juli 2015

No comments:

Post a Comment