PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Friday, August 28, 2015

Mengikuti Yesus dalam Semangat JPIC

Pada hari Jumat hingga hari Minggu tanggal 26-28 Juni 2015, para suster yunior Distrik Batu-Malang-Claket-Blitar-Kesamben sebanyak 9 Suster yunior.Sr. Krisna, Sr. Theresia Sako, Sr. Maria Indriana, Sr. Emiliana Kewa, Sr. F.C. Samiasih, Sr. Anisia Kase, Sr. Maria Christiani, Sr. Romaida, dan Sr. Detha  berkumpul bersama di komunitas St.Maria Batu untuk mengikuti rekoleksi persiapan dan pembaharuan kaul yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 28 Juni 2015. Rekoleksi dipimpin oleh Sr. Ruth, SSpS selaku anggota TPP Maria Bunda Allah, Jawa.


Rekoleksi ini dibuka pada hari Jumat sore (26/6/2015) pukul 16.30 WIB di ruang pertemuan atas Komunitas St. Maria (perpustakaan) dengan doa pembukaan serta sharing perasaan. Setelah itu Sr. Ruth memberikan konferensi untuk rekoleksi persiapan pembaharuan kaul dengan tema “Mengikuti Yesus dalam Semangat JPIC”. Pada bagian pertama, kami dihantar untuk merefleksikan bagaimana mengikuti gaya hidup Yesus secara radikal yaitu hidup religius. Kami ditantang untuk melihat dan mendalami hidup religius dengan kesaksi-an hidup kami sebagai suster yang diharapkan menjadi model, nabi dan saksi hidup komunitas lebih lanjut, pada bagian kedua kami diajak untuk merenungkan ketiga kaul kami sebagai pengikut Yesus secara radikal dan dalam terang JPIC. Kami diajak untuk bersyukur atas ketiga kaul kami yang merupakan anugerah Tuhan semata, kamijuga diajak untuk lebih mendalami ketiga kaul dari 2 dimensi yaitu spiritual/kontemplatif dan misi.

Pada bagian ketiga, kami diajak untuk mengikuti Yesus yang berbela rasa (compasssion). Dalam bagian ini, kami kembali merenungkan bagaimana Yesus berbela rasa pada sesama di jaman-Nya yang penuh dengan persaingan, kompetisi dan juga banyak ketidakadilan. Kami juga diajak melihat “bagaimana Yesus berbelarasa dengan sesama saat ini, sebab “dengan mengikuti jejak Yesus dalam mewahyukan belarasa Bapa dalam kata dan perbuatan, kita akan sampai pada belarasa yang benar, cinta yang berbelarasa sebagai-mana dikerjakan-Nya”, ungkap Sr. Ruth dalam penjelasannyatentang bagian ketiga ini.

Setelah itu kami diberi kesempatan untuk merenungkan dan merefleksikan secara pribadi tema yang telah disampaikan oleh Sr. Ruth. Pada hari Sabtu pukul 17.00WIB, kami berkumpul bersama di gazebo untuk bersharing bersama tentang penemuan-penemuan dalam refleksi pribadi kami masing-masing. Kami sungguh bersyukur karena dengan sharing ini kami saling berbagi dan juga saling menguatkan satu sama lain. 

Pada hari Minggu Pagi, kami bersembilan mengucapkan pembaharuan kaul kami masing-masing di dalam Misa Kudus yang dipimpin oleh P. Agus Hutrin, SVD dan dihadapan Sr. Ruth, SSpS selaku wakil dari pemimpin Umum dan juga dihadapan komunitas yang hadir saat itu.


Pada kesempatan ini kami bersyukur kepada Allah Tritunggal atas segala anugerah-Nya sehingga kami diberi kesempatan untuk membaharui kaul kami. Kami juga berterima kasih kepada Kongregasi SSpS melalui Tim Pimpinan Provinsi yang memberi kesempatan pada kami untuk membaharui kaul dalam Kongregasi SSpS. Kami mengucapkan terima kasih kepada para Suster di Komunitas Santa Maria Batu yang menyediakan sarana prasarana untuk pembaharuan kaul kami, para Pranovis, Novis, P. Agus Hutrin, SVD dan para Frater SVD, serta para Suster di komunitas kami masing-masing. Kami masih mengharapkan doa dari para Suster agar kami tetap setia dalam menjalani panggilan kami, dan semoga kami semakin mampu mengikuti Yesus dengan berbelarasa terhadap sesama. 

Sr. M. Christiani, SSpS
Infokom Edisi 46, Juli 2015

No comments:

Post a Comment