PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Tuesday, June 30, 2015

Sr. Deodatis SSpS Berpulang ke Rumah Bapa dengan Damai



Pada tanggal 12 Maret 2015 Sr. Deodatis SSpS mulai dirawat di pav. 6 di RSK St. Vincentius a Paulo karena nyeri perut yang dirasakannya, kemudian tanggal 16 Maret 2015 beliau dipindahkan di pav. 3, kamar 24.  Setelah melalui beberapa pemeriksaan akhirnya diketahui penyakit yang dialaminya yaitu: kanker pankreas. Sr. Deodatis sempat menjalani kemoterapi paliatif tetapi karena kondisi fisiknya tidak memungkinkan maka tindakanini tidak dilanjutkan. Sr. Deodatis mendapat sakramen orang sakit pada tanggal 16 April 2015 oleh Rm. Ketut, SVD. Para Suster di Komunitas RKZ dan Propinsialat, mitra kerja dan orang-orang yang mencintainya ikut hadir dan mendoakannya.  



Selanjutnya pada tanggal 28 April 2015 pagi kondisi fisiknya semakin menurun, maka Sr. Maria bersama para suster yang lainnya datang mendampingi beliau untuk berdoa dan bernyanyi Veni Creator. Sore harinya beliau mulai gelisah, tidak bisa istirahat karena nyeri yang dialaminya. Tanggal 29 April 2015 pagi kesadarannya mulai menurun, namun beliau masih bisa menerima komuni, kemudian akhirnya pukul 09.20 WIB Sr. Deodatis, yang berusia 80 tahun,menghembuskan nafas terakhirnya dengan damai.

Sr. Deodatis disemayamkan di ruang perpustakaan Komunitas St. Vincentius a Paulo. Sore harinya pukul 18.30 WIB diadakan doa di ruang perpustakaan tersebut. Tanggal 30 April 2015 pagi harinya para Suster berdoa bersama dan sore hari pukul 18.00 WIB diadakan Misa Requiem. Misa dipersembahkan oleh Rm. Lukas SVD dan dihadiri banyak umat. 

Selanjutnya pada tanggal 1 Mei 2015 pukul 09.00 WIB diadakan Misa Requiem di Kapel RSK St. Vincentius a Paulo yang dipimpin oleh Rm Didik, Pr. dengan konselebran Rm. Agung SVD dan Rm. FX. Ketut Trisnoyanto SVD. Perayaan Ekaristidi-awali dengan pemutaran slide untuk me-ngenang kembali kebersamaan dengan Sr. Deodatis dan pembacaan In Memoriam.Setelah Misa Requiem Sr. Maria Widjaja SSpS, Wakil Provinsial menyampaikan sambutannya dan syering pengalaman pribadinya dengan Sr. Deodatis.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberkatan jenazah oleh imam, penutupan peti serta pemakaman di Kembang Kuning yang dipimpin oleh Rm. FX. Ketut Trisnoyanto SVD.


 Sr. Silvi SSpS
Infokom Edisi 44, Mei 2015

No comments:

Post a Comment