PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Tuesday, June 30, 2015

Retret Medior Rumah Khalwat Syalom Batu 25 Mei – 1 Juni 2015




 Commited To Life...

Saat yang indah untuk sejenak berhenti dan hening bersama Allah. Sebanyak 38 Suster Medior mengikuti retret gelombang I dengan jadwal sebagai berikut: konferensi dilaksanakan setiap hari pada pukul 11:35 WIB, Ekaristi pukul 17:10 WIB dan  Puncta (pemberian bahan meditasi atau doa untuk hari berikutnya) diadakan setelah perayaan Ekaristi.



Retret ini didampingi oleh Rm. J. Abdi Pranata, SJ dengan tema: “JPIC (Justice Peace andIntegrity of Creation) sebagai way of life”. Dengan sederhanaRomo mengajak untuk memahami pengertian JPIC sebagai Keadilan, Kedamaian, Kejujuran dan Ketulusan hati. Romo juga mengajak semua untuk menghayati JPIC sebagaimana yang Yesus hayati. Jadi fokus utama tetap padaYesus Sang Sabda yang adalah kebenaran dan yang me-nyelamatkan jiwa-jiwa.

Selanjutnya Romo sedikit menyinggung bagaimana kelak ingin menjadi lansia yang bahagia, kunci kebahagiaan adalah Sabda Allah sebagaimana Yesus berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mende-ngarkan firman Allah dan yang memeliharanya” (Luk. 11:28). Jika sekarang aku mendengarkan dan melakukan Sabda Allah, maka aku hidup bahagia, sekarang dan kelak saat lansia.

Romo juga mengajak para Suster untuk merefleksikan diri sebagai Abdi Roh Kudus yang hidupnya selalu dalam bim-bingan-Nya untuk mengenal, mencintai dan mengikuti (meneladan dan mengabdi) Yesus dalam menghayati JPIC. Selanjutnya Romo juga mengajak untuk selalu bersatu dan bersama Yesus menyelamatkan dunia melalui hidup harian sebagaimana harapan Bapak Paus Fransiskus terhadap kaum religius yakni mem-bangunkan dunia melalui cara hidup yang profetis, keluar dari diri sendiri dan terjun ke dalam dunia. Demikian juga Bapa Fransiskus berharap agar para religius hidup dalam kegembiraan yang sejati yakni bersatu intim dengan Allah.


Para Suster juga diberi kesempatan untuk pertemuan pribadi dan pengakuan dosa. Retret ditutup dengan perayaan Ekaristi dan pembaharuan kaul serta berkat kepausan.

Semoga dengan retret ini para Suster makin bahagia dalam menghayati hidup panggilan, menghayati JPIC dalam hidup keseharian dan mewartakan Injil dengan penuh sukacita.  


 Sr. Calista, SSpS
Infokom Edisi 45, Juni 2015 

No comments:

Post a Comment