PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Tuesday, June 24, 2014

PENERIMAAN NOVIS BARU 24 JUNI 2014


“Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia” (Matius 4:19) adalah motto yang dipilih oleh Sr. Emiliana Supriyanti dan Sr. Veronika Sedo Bura yang pada tanggal 24 Juni 2014 diterima resmi oleh Sr. Ines Setiono SSpS, Provinsial SSpS Provinsi Jawa sebagai Novis Tahun Kanonik, setelah melalui proses pembinaan di jenjang Aspiran didampingi oleh Sr. Calista SSpS dan Pranovisiat yang didampingi oleh Sr. Anna Maria SSpS. 


Upacara penerimaan dilangsungkan dalam Ibadat Sabda dengan Pentakhtaan Sakramen di Kapel Novisiat lama, Jl. Samadi V/9, Batu yang dipimpin oleh Pater Agus Hutrin, SVD selaku Socius Novisiat SVD. Upacara dihadiri oleh Tim Pimpinan Provinsi, keluarga Sr. Emiliana Supriyanti dari Klaten bersama Ibu dari Sr. Dewi dan Romo Sunar yang setia mendukung putri-putri parokinya, para Suster dari perwakilan komunitas, Komunitas Novisiat SVD dan Domus Arnoldus serta anggota PARK.

Dalam homilinya Pater Hutrin menyampaikan bahwa di masa novisiat yang terpenting adalah keberanian memasuki proses, taat pada aturan main yang diterapkan dalam formasi di komunitas SSpS, pasti selamat sampai tujuan.  Dalam serangkaian acara di kapel usai menyanyikan lagu penutup “Magnificat”, dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan dan ungkapan syukur, yang pertama dari Novis baru: Sr. Emiliana Supriyanti dan Sr. Veronika Sedo Bura. Mereka berdua dengan penuh semangat dan rasa syukur mengungkapkan perasaan bahagia boleh memasuki jenjang novisiat. Berdua juga membagi kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung panggilan mereka dan mempersiapkan segala sesuatu untuk perayaan penerimaan hari itu.

Sambutan kedua disampaikan oleh Sr. Sisilia Andri SSpS selaku pendamping novis dalam rangkaian ungkapan syukur, terima kasih dan selamat datang bagi kedua novis baru untuk memasuki masa menjalin relasi secara pribadi dengan Yesus, masa keheningan dan menghantar kepada keberaniaan novis untuk berdiscernment. 

Puncak sambutan disampaikan oleh Sr. Ines Setiono SSpS,  menyampaikan terima kasih dari hati yang tulus kepada semua pihak yang telah mendukung panggilan kedua novis kita, kepada kedua novis baru yang telah berani melangkah satu tahap lagi di masa formasi, terima kasih terutama kepada keluarga sebagai donatur terbesar kongregasi dengan memberikan putri-putri terbaik mereka. Sr. Ines SSpS juga menggarisbawahi homili dari Romo Agus Hutrin bahwa yang terpenting dalam masa formasi adalah keberanian mengalami proses, “Jangan Takut!”, ini pesan Yesus dan sambil membuat salam “dua jari” beliau menyampaikan “Peace be with you”.
 
Usai ibadat, perarakan yang terdiri dari Tim Pimpinan Propinsi beserta Novis baru dijemput oleh penari Sdri. Sebastiana Bei (pranovis) menuju halaman tempat ramah tamah untuk memberi kesempatan kepada undangan bersalaman dengan dua novis baru. Di tempat ramah tamah telah tersedia hidangan tradisional seperti jajan pasar dan beberapa makanan kecil yang disediakan pada saat para tamu menyaksikan beberapa acara hiburan; lagu, tarian tradisional, gerak dan lagu serta spontanitas dari para undangan. 

Makan siang bersama dilakukan di tengah-tengah acara hiburan. Rasa syukur dan kebahagiaan menjadi semakin lengkap ketika keluarga Suster Veronika dari Blitar hadir setelah perjalanan panjang karena mereka sempat tersesat. Bersama kedua suster novis baru, kami juga bersyukur bahwa acara penerimaan ini dapat berjalan dengan lancar. Kepanitiaan acara penerimaan novis tahun 2014 ini oleh Komunitas Novisiat dan Komunitas Pra Novisiat yang  didukung oleh semua Suster dari masing-masing komunitas dengan caranya masing-masing serta komunitas SVD. 
  
Sr. Sisilia Andri, SSpS
iInfookom Edisi 38, Juli-Agustus 2014




No comments:

Post a Comment