PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Monday, June 30, 2014

LIVE IN OMK PAROKI JOMBOR DAN CAWAS, KLATEN JAWA TENGAH



Pada tanggal 30 Juni 2014, 10 OMK (5 laki-laki dan 5 perempuan) dari Klaten Live In di Novisiat Maria-Yosepha sampai dengan tanggal 4 Juli 2014. Mereka adalah Yossy Robert (kelas 2 STM), Advent (kelas 3 SMP), Yesaya (kelas 3 SMP), Dika (kelas 2 SMP), Citra (kelas 2 SMA), Wuri (kelas 2 SMP), Retha (kelas 2 SMA), Grace (SMP) dan Yosephin (SMP). 



Mereka berangkat dari Klaten tanggal 29 Juni 2014 pukul 22.30 WIB dan tiba di komunitas novisiat tanggal 30 Juni 2014 pukul 04.30. Mereka mengikuti kegiatan harian para Novis seperti Ibadat (pagi, siang dan sore, tuguran). Sore hari Sr. Sisilia Andri SSpS mengajak mereka berkeliling (Biara Carmelitas, Paroki, dan Alun-alun batu) sedangkan Para Novis II ujian Liturgi dan Kitab suci.

Pada tanggal 1 Juli 2014, mereka dihantar oleh para novis I beserta Sr. Sisil berkeliling ke Komunitas Syalom dan Novisiat SVD, Batu. Sore hari, mereka yang laki-laki futsal ke SVD sedangkan yang perempuan berkebun di Novisiat SSpS. Pada tanggal 2 Juli 2014, mereka bersama kami menghadiri Pesta Kaul di Surabaya dengan sarana transportasi yang disediakan oleh Komunitas St. Maria, Paroki gembala Baik dan Domus Arnoldus SVD. Setelah acara Misa dan ramah tamah, OMK yang putra bersama Novis I dan Suster Dewi kembali ke Batu sedangkan OMK Putri bersama Galih dan Rina serta Sr Sisil mengikuti rekreasi bersama Para Suster Yubilaris. Mereka menampilkan tarian kreasi lagu dolanan Jawa (Cublak-cublak Suweng dan Gundul-gundul Pacul).

 Dalam perkenalan, seusai menari mereka menyampaikan kegembiraan dan kesan mereka tentang komunitas para suster yang memancarkan persaudaraan yang erat, kerjasama dan ramah serta cantik-cantik. Kami bersyukur karena 2 dari antara mereka mempunyai niat untuk masuk SSpS serta 2 dari antara yang laki-laki ingin masuk menjadi Romo dan Bruder SVD.

Mereka terkesan dengan pengalaman Pesta Kaul di Surabaya secara khusus pada momen perutusan yang disampaikan oleh Sr. Ines, SSpS sehingga mereka hafal dengan apa yang diucapkan oleh Sr. Ines, SSpS dan memperagakannya dengan salah satu temannya bahwa dia akan diutus ke....CAWAS (salah satu kecamatan di Klaten).

Pada tanggal 3 Juli 2014 kami pulang ke Batu dengan naik angkutan umum seusai sarapan pagi. Malam harinya berkumpul dengan mereka untuk membahas persiapan JUMBARA yang dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 Juli 2014 di Blitar. Pada tanggal 4 Juli 2014 Sr. Sisil, Para Novis, Sr. Lidwina, Sr. Emililiana Kewa Demon beserta 23 peserta JUMBARA pergi ke Blitar dengan naik Kereta Api. Beberapa kegiatan yang mereka ikuti di acara JUMBARA yang bertema “Meraih Mimpi Bersama Roh Kudus” berupa Out Bond, pentas seni, Input yang mengupas tema dan dinamika kelompok. Beberapa dari antara mereka ada yang sakit Maag dan kaki terkilir tetapi tidak mematahkan semangat mereka untuk mengikuti JUMBARA sampai selesai. Acara JUMBARA selesai pada tanggal 6 Juli 2014 pukul 13.00 WIB.  Sambil menunggu travel pulang ke Klaten ditemani oleh Sr. Galih dan Sr. Dewi jalan-jalan ke Makam Bung Karno.

Ada sebuah kalimat yang mengesan, yang dilontarkan oleh salah satu dari mereka yaitu bahwa setelah kegiatan Live In ini, dia jatuh cinta dengan Roh Kudus, bahwa Roh Kudus sekarang ada di hatinya. Mereka pulang kembali ke Klaten dengan naik travel pukul 22.00 WIB.

Dari pengalaman Live In ini, kami para Novis juga belajar mengenai dinamika anak pada zaman sekarang, belajar melihat kebutuhan-kebutuhan mereka sehingga dapat menemukan metode pendampingan mana yang sesuai bagi mereka. Kami juga kagum dengan mereka bahwa masih ada anak-anak pada jaman sekarang yang mau diajak duduk tenang di hadapan Sakramen Mahakudus meskipun masih gerak sana-sini tetapi setia sampai selesai, mau diajak menjaga kebersihan dan mau menghargai makanan. Semoga pengalaman Live In ini membawa perubahan yang positif bagi kami, bagi mereka dan bagi semua orang yang mereka jumpai dimanapun mereka berada.

Sr. Katharina Galih dan Sr. Agnes Rina (Novis 2)
Infokom Edisi 38, Juli-Agustus 2014

No comments:

Post a Comment