PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Saturday, January 19, 2013

Mendekatkan Kawula Muda Pada Kitab Suci

Dalam rangka bulan Kitab Suci Nasional, pada hari Minggu, 30 September 2012, para suster dari Tim Liturgi Propinsialat dan RKZ mengadakan sebuah acara lomba Kitab Suci dengan tema “Menyaksikan Mukjizat Tuhan” bersama kaum muda yang tinggal di lingkungan RKZ, khususnya mahasiswa STIKES St Vincentius a Paulo, Surabaya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kecintaan kawula muda pada Kitab Suci dan mengenal Yesus lebih dekat.

Persiapan acara dilakukan sejak bulan Agustus 2012 dengan melibatkan Mahasiswa STIKES menjadi panitia. Dalam jangka waktu dua minggu peserta yang mendaftar telah memenuhi target yaitu 31 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 3 orang. Sehingga total jumlah peserta lomba adalah 93 orang.

Ada 3 jenis lomba yaitu: Kuis Kitab Suci, bibliodrama dan lektor (membaca Kitab Suci). Untuk mempersiapkan lomba diadakan technical meeting pada hari Minggu 23 September 2012 di halaman area kamar cuci.
Sr. Yohana diundang untuk memberikan penjelasan mengenai hal-hal praktis dalam lomba, sekaligus memberikan masukan mengenai sikap lektor yang baik.

Pada hari pelaksanaan lomba, peserta melakukan daftar ulang, kemudian perkenalan
Sr. Yohana menjelaskan sikap lektor yang baik pada Technical Meeting
 
dengan kreatifitas masing-masing kelompok untuk mendapatkan juara favorit. Acara kemudian dilanjutkan dengan per-lombaan yang sudah dijadwalkan pada tempat yang telah ditentukan untuk masing-masing lomba.

Sr. Yohana dan Sr. Agnes sebagai juri lomba lektor, Sr. Lusia dan Sr. Ernestildis menjadi juri pada lomba bibliodrama, sedangkan panitia lomba kuis Kitab Suci sekalian sebagai juri lomba kuis Kitab Suci. Acara lomba berlangsung dengan tertib sehingga dapat selesai lebih awal dari rencana.
Tepat pukul 12.15 WIB seluruh lomba telah selesai kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama. Sambil menunggu peng-umuman pemenang, diadakan kuis untuk mendapatkan doorprize. Selain itu peserta juga diberi kesempatan untuk menari bersama. Para suster dan panitia menyum-bangkan satu tarian rokatenda untuk menutup acara ini.
Peserta yang hadir pada lomba
di Pendopo Propinsialat
Sebelum pengumuman pemenang Sr. Lusia, selaku juri lomba bibliodrama memberikan masukan dan apresiasi atas kemampuan mereka dalam membawakan peran masing-masing. Sr. Yohana, SSpS sebagai juri lomba lektor meneguhkan dan mengapreasiasi penampilan peserta, yang menurutnya sangat menjanjikan untuk mendapatkan lektor yang baik. Sr. Yohana menambahkan bahwa men-jadi lektor adalah orang yang terberkati. Sehingga menjadi lektor merupakan kesempatan dan kepercayaan besar yang diberikan gereja untuk membacakan isi Kitab Suci.
Pengumuman pemenang lomba disampaikan oleh Sr. Yohana. Juara I menerima hadiah uang Rp 300.000, juara II sebanyak Rp 200.000, juara III sebanyak Rp 100.000, dan juara favorit menerima hadiah bingkisan cantik dari panitia. Masing-masing peserta menerima asesoris cantik dan sertifikat. Setelah pembagian hadiah dan sertifikat acara ditutup dengan doa dan berfoto bersama.
Foto bersama
setelah penerimaan sertifikat dan hadiah

Sr. Murni, SSpS

No comments:

Post a Comment