PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Saturday, January 19, 2013

SEMILOKAKARYA “CENTERING PRAYER”

Komunitas Propinsialat pada hari Sabtu, 29 September 2012 mengadakan semilokakarya dengan tema “Centering Prayer” (Doa Keterpusatan) yang disampaikan oleh Sr. Ernestildis SSpS. Kegiatan ini dimulai pukul 17.00 WIB di aula lantai 2 rumah baru propinsialat yang dihadiri oleh anggota Komunitas Propinsialat.

Semilokakarya ini dilanjutkan kembali pada hari Selasa, 2 Oktober 2012 dengan waktu dan jam yang sama. Dalam semilokakarya Sr. Ernestildis menerangkan bahwa centering prayer (doa keterpusatan) merupakan suatu metode yang membawa perkembangan hubungan kita dengan Allah ke tingkat iman yang murni.

Dalam pertemuan yang kedua Sr. Ernestildis mengajak untuk mempraktekkan centering prayer namun sebelumnya secara singkat dan jelas Sr. Ernestildis menerangkan bagaimana langkah-langkah dalam centering prayer. Langkah pertama adalah memilih sebuah kata suci sebagai simbol dari intensi untuk membiarkan diri mengalami kehadiran dan tindakan Allah di dalam diri. Kedua, duduk dengan nyaman dan mata tertutup, kemudian mengambil sikap tenang, dan secara perlahan memunculkan kata suci. Ketiga ketika menyadari pikiran-pikiran, dengan perlahan kembali pada kata suci. Keempat di akhir doa, tetap tenang dengan mata tertutup untuk beberapa menit atau dapat menutup dengan doa Bapa Kami.

Kemudian selama 20 menit para suster yang hadir bersama-sama mempraktekkan cente-ring prayer. Sebelum ditutup beberapa suster sharing pengalamannya dan tanya jawab. Semilokakarya ditutup pukul 18.45 WIB dengan lagu penutup.

Sr. Silvia SSpS

No comments:

Post a Comment