PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Sunday, February 12, 2012

BLORA : Rekoleksi pegawai Yayasan Yohanes Gabriel Kornit Blora

Dalam rangka meningkatkan persaudaraan dan kinerja para pegawai, Yayasan Yohanes Gabriel Kornit Blora mengadakan rekoleksi bersama para pegawai dari berbagai unit yakni Playgroup, TK, SDK, SMPK, SMAK, STMK dan Para Suster. Kegiatan rekoleksi yang diadakan pada tanggal 9-10 Januari 2012 di Wisma Domus CM di Sarangan – Magetan ini diikuti oleh sekitar 90-100 peserta dengan narasumber Bapak Nasarius dari Yogyakarta. Dalam kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Rm. Didik Setyawan CM selaku Ketua Yayasan Yohanes Gabriel Kornit Blora, Bapak Nasarius selaku narasumber di dampingi oleh Sr. Elfrida SSpS yang berperan sebagai animator untuk mengakrabkan suasana agar tidak tegang dan kaku.

Pada sesi pertama bapak Nasarius memberikan inputnya dalam bentuk pengenalan akan kekuatan dan kelemahan diri sendiri dengan mengilustrasikan dalam refleksi tumpukan jeruk dalam sajian kontemplatif. Tuntunan pertanyaan tersebut contohnya; dimanakah aku berada? Diatas tumpukan jeruk atau dibawah tumpukan jeruk–jeruk lain, terhimpit, tertindih, terluka dan sebagainya, dimanakah aku? Setelah menemukan jawaban, para peserta dibawa pada sebuah kelompok yang terdiri dari 6 atau 7 orang. Dari masing–masing orang ini wajib untuk memilih diantara sesamanya sebagai; atasan, teman masa sulit, sahabat dan lawan. Setelah menemukan pilihan berikut alasannya, masing–masing peserta diminta untuk mensharingkan pilihannya tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk menemukan kekuatan diri yang selama ini terabaikan dan tertutup karena kacamata negatif yang selalu diberikan oleh orang terhadap dirinya. Hal inilah yang menjerumuskan orang pada rumusan aku menyerah, aku tidak bisa, aku terlalu bodoh dan sebagainya. Pada sesi ini peserta diajak untuk mengubah gambaran diri yang negatif menjadi pribadi yang baru dengan semangat dan antusiasme yang baru pula.

Hari berikutnya dalam dinamika kelompok peserta diajak untuk membuat menara dari koran dan sedotan plastik yang dimaksudkan untuk mengenal pribadi dari masing masing orang sekaligus melihat cara kerja tim dalam mewujudkan cita cita atau tujuan bersama. Acara rekoleksi ini ditutup dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Rm. A.Didik Setiyawan, CM dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. 



Sr. Maria Indri, SSpS
Infokom Edisi 02, Februari 2012

No comments:

Post a Comment