PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Thursday, September 29, 2011

Penyebab dan akibat radiasi Hp dan Laptop serta pencegahannya

Dalam Era modern ini, teknologi berkembang sangat pesat, salah satunya adalah maraknya penggunaan HP. Dibalik manfaatnya, banyak juga efek negatife yang tanpa di sadari dapat mengganggu kesehatan manusia khususnya terhadap anak-anak.

Radiasi Elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan magnet yang merambat lewat ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Jadi dampak radiasi tidak boleh diabaikan begitu saja. Oleh karena itu para ahli peneliti khususnya radiasi dan bahayanya mengatakan bahwa pengaruh radiasi pada HP dapat menyebabkan kerusakan DNA dalam tubuh dan dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh melawan infeksi dan penyakit. Radiasi HP juga dapat membuat panas otak sehingga mengganggu fungsinya.


Ada juga yang mengatakan bahwa radiasi dapat mengubah fungsi sel dalam tubuh manusia. Dan ada juga yang mengatakan bahwa saat berkomunikasi dengan menggunakan HP, terjadi peningkatan bunyi dan resonansi di telinga, sehingga menyebabkan kelelahan pada otot telinga. Sehingga di sarankan agar menghindari pemakaian Hp secara berlebihan khususnya pada anak-anak usia di bawah 8 tahun, sebab gelombang radiasi HP akan mengganggu proses perkembangan otak anak. Oleh karena itu sebaiknya gunakan HP seperlunya saja dan pada saat keadaan yang darurat. Karena resiko lebih besar terhadap kemungkinan terkena tumor pada otak tertentu.

Karena melihat bahaya-bahaya tersebut maka para peneliti juga telah menemukan cara pecegahannya,yang saat ini dapat digunakan sehingga sekurang-kurang dapat mengurangi bahaya radiasi pada HP yakni :
  1. Alat anti radiasi yang mengurangi dampak radiasi dan ini sudah terbukti kwalitasnya.
  2. Gunakan telepon kabel jika berbbicara cukup lama.
  3. Gunakan speaker atau hanset.
  4. Saat tidur jauhkan HP dari tubuh kita/ berbicaralah dengan singkat dalam berkomunikasi dengan HP
  5. Jangan memakai HP pada saat penerimaan signal tidak baik dan pada saat Hp sedang di cas karena HP bekerja lebih keras untuk menangkap transmisi tersebut dan mengakibatkan radiasi yang terpancar lebih kuat pula.

Diambil dari berbagai Sumber

Infokom no. 40, September 2011

1 comment: