PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Wednesday, July 13, 2011

SURABAYA: Lustrum I Stikes Katolik St. Vincentius a. Paulo


Dalam rangka merayakan Lustrum pertama Stikes Katolik St.Vincentius a. Paulo, Surabaya, pada tanggal 19 Juni 2011, berbagai bentuk kegiatan telah dilaksanakan. Adapun tema dalam Lustrum ini yaitu Bekembang bersama Roh Kudus, Maju dengan semangat juang. Bentuk kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu Misa Lustrum di Kapel RKZ pada hari Senin, 20 Juni 2011 dan hari Kamis, 23 Juni 2011 diadakan Seminar Intrepreneur di Emaus Lantai V yang dilanjutkan dengan basar di halaman Stikes lantai satu. Kegiatan yang lainnya pada bulan Juli dan Agustus. Pada bulan Juli akan diadakan seminar dari Mahasiswa tentang penyakit kawasaki dan Stroke.

PERAYAAN EKARISTI LUSTRUM
Misa dipersembahkan leh Rm. Feliks Kadek SVD dan Rm. Lukas Kilatwono SVD. Hadir dalam Misa Syukur ini yaitu undangan dari para Direksi dan kepala ruangan dari RSK St. Vincentius a.Paulo, Surabaya, para Suster SSpS Komunitas Provinsialat dan RKZ, beberapa Komunitas Mahasiswa Katolik dari Kampus di Surabaya (ITS, Widya Mandala, William Booth dll) KMK dan 450 Siswa Stikes Katolik. Misa ini dimeriahkan oleh Paduan Suara dari S1 Tingkat1 yang diiring oleh para pemusik dari Stikes.

Perayaan dimulai Pk 10.00 WIB dengan lagu pembukaan ”Dengan Gembira” yang juga mengiringi perarakan oleh 2 penari, 2 pembawa Bendera (Merah putih dan bendera Stikes), 2 Misdinar yang diikuti oleh Ketua dan wakil ketua Stikes serta staf dari Stikes kemudian 2 misdinar dan 2 Imam). Petugas Lektor oleh Para Dosen dan Staff.

Dalam kotbahnya Rm.Feliks Kadek, SVD mengajak untuk bersyukur atas kehadiran dan penyertaan Roh Kudus khususnya bagi keluarga besar Stikes sehingga saat ini dapat merayakan Misa Syukur Lustrum yang pertama. Selain itu juga diajak untuk semakin mempunyai 3 dimensi yang sesuai dengan bacaan injil yaitu sense of belonging ”mampu menjadi seorang perawat yang yang terampil dan profesional”, sense of mission” perawat yang setia melayani dengan penuh kasih dan ketulusan”, Sense of Integrity ”menyatukan tiga dimensi tersebut serta menjadi seorang perawat yang menghadirkan Allah”.

Persembahan dibawakan oleh mahasiswa dari berbagai macam agama dan mengenakan pakaian adat Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatera-Nias dan Batak, Flores yang menggambarkan keanekaragaman suku dan budaya yang ada di Stikes khususnya mahasiswa/siswi yang study di Stikes.

Setelah berkat penutup acara dilanjutkan dengan menyaksikan tari dari daerah Bali yang dipersembahkan oleh 2 mahasiswi dari S1 Tk3. Selanjutnya mendengarkan sambutan dari Sr. Susana, SSpS. Acara selesai tepat Pk 12.00 WIB.



SEMINAR INTERPRENEURSHIP

Seminar dengan tema ”Melalui pilar pendidikan Ilmiah dan berkarakter menuju pengembangan generasi profesi kesehatan yang berkualitas, kreatif dan berjiwa Entrepreneur" ini dihadiri oleh beberapa undangan dari Stikes ABDI, Stikes William Booth, Stikes Adi Husada dan Stikes Widya Mandala, keluarga besar Stikes Katolik St. Vicentius a. Paulo, Surabaya termasuk 432 Mahasiswa dan para Dosen, hadir pula dalam seminar ini yaitu Koordinator Kopertis VII Wilayah Jatim dan Direktur dari Stikes Adi Husada-Surabaya. Seminar .

Seminar dimulai Pk 08.00 WIB di Emaus Lantai V, diawali dengan penampilan dari beberapa Mahasiswa Stikes berupa lagu dari perwakilan tingkat S1dan D3 Keperawatan maupun D3 Fisioterapi. Pk 09.00 WIB seminar dimulai dan sebagai Narasumbernya yaitu Bp. Drs.Yulius Kusworo MM.

Dalam doa pembukaan yang dipimpin oleh Sr. Reinarda SSpS, semua peserta yang hadir diajak untuk melihat kembali perjalan hidup bersama Roh Kudus melalui sebuah lagu Spirit Of God dan slide tentang Alam. Setelah itu acara dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dari Ibu Yanti selaku ketua panitia dalam kegiatan ini yang dilanjutkan dengan sambutan dari Sr. Susana, SSpS selaku Ketua Stikes dan sambutan dari Bp Prof Dr Hj. Sugiarto selaku Koordinator Kopertis Wilayah VII Jatim. Dalam sambutannya Sr. Susana SSpS menyampaikan ungkapan syukur atas pendampingan dari Tuhan karena usia Stikes yang memasuki usia Balita (5th) ini tidak mudah dalam melalui perjalanan ini, tetapi syukur berkat bimbingan Roh Kudus dan juga kerjasama dari para dosen dan semua pihak khususnya kerjasama dan pendampingan dari Kopertis dan Dikti, Stikes Katolik St. Vincentius a. Paulo, Surabaya sampai saat ini masih dipercaya untuk melanjutkan proses pendidikan kesehatan S1 dan D3 keperawatan, D3 Fisioterapi dan pada tanggal 12 November 2011 ini akan meluluskan 85 mahasiswa yang lulusan Ners dan 56 Mahasiswa Lulusan D3 Keperawatan. Mengakhiri sambutannya beliau mengajak semua yang hadir untuk mensyukuri rahmat Tuhan ini dan semoga dengan mengikuti Seminar ini semakin dikembangkan jiwa intrepreneur yang kreatif dan mampu bersaing di era globalisasi, selain itu juga mengajak untuk berjalan bersama Roh Kudus demi perkembangan Stikes dan Selamat mengikuti Seminar. Dalam sambutannya Koordinator Kopertis Wilayah VII Jatim juga mengajak seluruh peserta yang hadir untuk berani mencetak pribadi yang handal dan profesional serta mampu bersaing di era Globalisasi. Setelah sambutan dilanjutkan dengan pemukulan gong sebanyak 3x oleh Bp Prof Dr Hj. Sugiarto selaku Koordinator Kopertis Wilayah VII Jatim, sebagai simbol bahwa seminar dimulai yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Happy Birthday Stikes bersama-sama yang dipandu oleh Ibu Yuni dan Ibu Astrid selaku pemandu acara dalam seminar ini.

Mengawali seminar ini Bp Drs. Yustinus Kusworo, MM mengungkapkan ”Sehebat apapun yang diberikan tetapi jika anda tidak mengizinkan diri untuk mengubah maka tidak akan terjadi perubahan”. Menjadi seorang Intrepreneur bukanlah melalui hal-hal yang hebat tetapi justru melalui hal-hal yang kecilpun bisa terwujud bila kita kreatif dalam menggunakan dan menghargai waktu bukan soal uang tetapi lebih pada pengembangan kekreatifan dan pengembangan ide untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan dan cita-cita, mau berusaha, berani keluar dari ketakutan dan kemapaman diri, tidak gengsian, kreatif dan ulet.

Seminar ini dikemas dengan menarik oleh Narasumber dalam bentuk presentasi, syering pengalaman dan penayangan film yang semakin mengajak peserta untuk lebih termotivasi dalam mengembangkan jiwa Intrepreneur yang profesional dan mampu bersaing di era globalisasi ini. Seminar selesai Pk 12.10 WIB dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Ibu Cecilia Indriasari selaku moderator dalam seminar ini dan ditutup dengan pembagian doorprice dan Basar.


Sr. Th. Sitriati SSpS
Infokom edisi no. 30, Juni 2011

No comments:

Post a Comment