PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Tuesday, July 19, 2011

SURABAYA: Pesta Kaul SSpS Provinsi Maria Bunda Allah


Sabtu, 02 Juli 2011 Pk. 09.30 lagu “Ave Maris Stella” yang dinyanyikan oleh para Suster mengiringi perarakan yang dimulai dari pendopo RKZ menuju kapel. Perarakan ini mengantar ke-9 Suster kita yang berpesta. Kesembilan Suster kita tersebut adalah Sr. Maria Christiani mengikrarkan Tri Prasetya Pertama. Sr. Dominika Rotua Sinaga, Sr. Lusia Sri Andayani, Sr. Veronika Yustina Lili Purwanti dan Sr. Sesilia Andri Soelistyani mengikrarkan Tri Prasetya Kekal. Sr. Marietta M.Y. Ni Wayan Swastini merayakan Pesta Perak hidup membiara sedangkan Sr. Deodatis, Agnes Thewes; Sr. Eleanore, Annamaria Buske dan Sr. Hiltraud, Irmgard Natter merayakan Pesta Emas hidup membiara. Dalam Perayaan Ekaristi mereka menyatakan kesungguhan hati untuk mengabdi kepada Tuhan dengan mengikarkan kaul-kaul mereka didepan umat yang hadir.

Perayaan Ekaristi dipersembahkan oleh Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono didampingi oleh konselebran yaitu Rm. Lukas Kilat Wono SVD, Rm. Adji SVD, Rm. Eko Yuliantoro SVD, Rm. Sonny Keraf SVD dan Rm. Eko Wiyono Pr. Kurang lebih delapan ratus undangan bersama para Suster turut hadir dan mendoakan para Suster yang berpesta.


Misa syukur ini dimeriahkan oleh paduan suara gabungan para Suster, KRK(Komunitas Rumah Kita), beberapa dari Wilayah V dan mahasiswa/siswi Stikes Katolik St. Vincentius a. Paulo, Surabaya.
Dengan nuansa humor Mgr. Vincentius menyampaikan homilinya yang meneguhkan bagi para suster yang berpesta maupun bagi seluruh umat yang hadir, ”dalam hidup panggilan atau dalam pilihan hidup apa saja kadang ada krisis dan mengalami saat sulit namun dengan belajar dari teladan pengorbanan Yesus Kristus yang dengan tulus menyerahkan diri karena cinta kepada Allah Bapa dan manusia yang kita kenangkan dalam Perayaan Ekaristi, hendaknya menjadi kekuatan dalam setiap aspek kehidupan kita”.


Setelah homili semua yang hadir diundang untuk berdiri dan menyanyikan lagu Veni Creator “Datanglah Roh Kudus”. Setelah itu para suster yang mengikrarkan kaul, baik kaul pertama maupun kaul kekal maju ke depan altar untuk mengikrarkan kaul-kaul mereka, sedangkan yang merayakan Pesta Perak dan Emas membaharui kaulnya dengan berlutut pada bangku yang sudah disediakan. Setelah lagu Litani Para Kudus acara dilanjutkan dengan penuh hikmat upacara pengikrarkan kaul dilaksanakan ditutup dengan lagu “ sudilah menerima aku” dari yang berkaul. Acara ini berjalan dengan baik dan lancar.

Setelah doa penutup misa dilanjutkan dengan mendengarkan beberapa sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Sr. Deodatis SSpS sebagai wakil dari para suster yang berpesta. Beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan rasa bahagia untuk berkat dan rahmat Allah yang luar biasa, dimana hari ini mereka boleh merayakan pesta emas, pesta perak, mengikrarkan kaul kekal dan kaul pertama. Mereka bertiga (Sr. Deodatis, Sr. Eleanore dan Sr. Hiltraud) adalah Misionaris dari Eropa yang terakhir dikirim ke Indonesia ada tahun 1968. Sungguh membanggakan karena dulu hanya sebagai pohon kecil kini telah menjadi pohon yang besar dan rimbun, yang telah membawa banyak kehidupan kepada dunia sekitarnya. Beliau mengakhiri sambutannya dengan sebuah sapaan bagi kaum muda untuk berani menanggapi undangan Tuhan Yesus untuk menjadi biarawan/biarawati yang merupakan saksi-saksi Kristus pada zaman ini “Mari…Ikutlah Aku”.

Sambutan kedua disampaikan oleh wakil dari keluarga para Suster yang berpesta, yang diwakili oleh Sr. Reynelda Sinaga KYM (tante dari Sr. Dominika Rotua Sinaga SSpS). Beliau membuka sambutannya dengan mensyeringkan perasaan bangga dan bahagia menjadi seorang suster. Beliau menyampaikan juga rasa terima kasih kepada Kongregasi SSpS dan semua yang telah mendukung para suster yang berpesta pada hari ini, sehingga mereka bisa setia sampai hari ini dan berani mengiyakan kembali jawaban mereka kepada Tuhan Yesus dalam pengikraran kaul-kaul. Di akhir sambutannya beliau juga meyakinkan kaum muda agar berani menanggapi undangan Tuhan Yesus untuk menjadi biarawan/biarawati.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Sr. Ines. Belaiu menyampaikan terima kasih kepada panitia pesta yang dua bulan telah menyiapkan segala yang sesuatu sehingga pesta ini dapat terlaksana dengan baik. Terima kasih pula kepada Bapak Uskup dan para Romo yang telah mempersembahkan Perayaa Ekaristi ini juga kepada para Suster yang berpesta atas segala kesetiannya dalam menjawab panggilan Allah dan mengabdi dalam kongregasi SSpS. Terima kasih pula kepada keluarga para Suster yang berpesta dan semua yang telah mendukung para Suster sehingga mereka dapat setia hingga hari ini. Setelah itu Sr. Ines membacakan surat perutusan Misi dari Ibu agung di Roma kepada keempat Suster yang mengikrarkan Kaul Kekal. Sr. Dominika diutus ke Provinsi Jawa tetapi untuk enam tahun ia akan menjalankan tugas Misi sementara di Amerika. Sr. Lusia Sri Andayani diutus ke Provinsi Jawa. Sr. Veronika Yustina Lili Purwanti diutus ke Negara Belanda. Sedangkan Sr. Sesilia Andri Soelistyani diutus ke provinsi Jawa. Kemudiaan Sr. Ines menyerahkan Salib Misi kepada para suster yang telah menerima perutusan misinya.

Pk. 12.15 WIB Perayaan Ekaristi ditutup dengan berkat penutup meriah dan lagu Penutup “Betapa Agung”. Setelah selesai semua yang hadir diundang untuk mengikuti acara ramah tamah di pendopo Provinsi.



Sr. Emilia Natalia SSpS
Infokom edisi no. 32, Juli 2011

No comments:

Post a Comment