PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Tuesday, June 14, 2011

Live In sehari SDK St. Yusuf Surabaya


Jumat, 03 Juni 2011 Biara Roh Kudus mendapat kunjungan 140 anak-anak SDK St. Yusuf, Surabaya kelas IV dan VI serta19 Guru pendamping. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu “Misi Panggilan”, mereka ingin mengenal tentang bagaimana hidup membiara. Karena yang berkunjung putra dan putri maka kami berkerjasama dengan para frater Seminari Tinggi SVD Malang yang berjumlah 5 orang (Fr. Doni, Fr. Toti, Fr. Lius, Fr. Hendrikus, Fr. Doni Anton). Anak-anak tiba di biara Pk 18.30 WIB, setelah briefing dan selamat datang kami mengajak para siswa yang katolik untuk mengikuti Perayaan Ekaristi di biara yang di persembahkan oleh Rm. Roni, Pr. Bagi yang non katolik di persilahkan untuk mandi dan membereskan barang-barang.

Setelah mengikuti Misa, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama di kantin SD Katolik St. Maria, Blitar kemudian dilanjutkan dengan acara perkenalan dihadiri semua Suster komunitas biara Roh Kudus, para Frater SVD dan perwakilan para Suster dari komunitas St. Elisabeth, Blitar. Acara perkenalan ditutup dengan doa dan renungan malam oleh Fr. Hendrikus, SVD dengan menampilkan film singkat tentang kisah bocah kecil berusia enam tahun bernama Ah Long yang harus berjuang sendiri dengan penyakit HIV dari orang tuanya.

Sabtu, 04 Juni 2011 Pk 05.30 WIB diadakan doa pagi bersama di aula SDK St. Maria yang dilanjutkan dengan outing disekitar kompleks biara, salah satunya yaitu di lahan Wana Patria. Dalam perjalanan banyak anak yang ingin tahu berbagai macam tanaman sayur dan buah yang ada di sekitar kebun. Setelah melihat kapel biara acara dilanjutkan dengan makan pagi. Pk 08.15 WIB acara “Come and See” dimulai. Siswa putra tetap bergabung dengan para Frater di aula, sedangkan yang putri bersama para Suster di Komunitas.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan nampak antusiasme dari peserta dalam mengikuti kegiatan ini, hal ini nampak dari semangat dan rasa ingin tahu tentang hidup membiara dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Setelah kegiatan Come and See, mereka semua kembali bergabung ke aula untuk mamiri (makan dan minum ringan). Acara dilanjutkan dengan materi Adiwiyata SDK St. Maria yang disampaikan oleh Bp. Paulus (Bulan ini SDK St. Maria mendapat piala Adiwiyata tingkat nasional di Jakarta yang diwakilkan kepada Sr. Ignasia, SSpS dan Bpk. Paulus)

Sehubungan dengan ada tugas dari Guru pendamping maka acara dilanjutkan dengan menyelesaikan tugas, ketika ditawari ternyata mereka memilih untuk bermain bersama. Sehingga kegiatan outbound mini yang semula ingin dibatalkan akhirnya dilakukan dengan baik dan lancar. Selama satu jam kami bermain bersama mereka yang dibagi menjadi tiga kelompok dan tiga pos yaitu permainan taplak, jembatan dan tali. Setelah itu kembali ke aula dan rangkaian acara live in sehari ini ditutup dengan makan siang bersama. Meskipun kegiatan mereka bersama kami cukup padat namun hingga akhir acara mereka tetap terlihat aktif dan semangat.

Para Suster SSpS Komunitas Roh Kudus, Blitar dan beberapa anak-anak dari SDK St. Yusuf, Surabaya.

Sr. Nining, SSpS
Infokom edisi no. 28, Juni 2011

No comments:

Post a Comment