PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Wednesday, March 30, 2011

STIKES: Caping Day dan Janji Mahasiswa


Bulan Maret 2011 merupakan bulan yang sangat mengesan bagi keluarga besar Stikes Katolik St. Vincentius a. Paulo, Surabaya. Selain bulan dimana para mahasiswa/siswi S1 Keperawatan memasuki study masuk ke semester yang baru, juga disibukkan dengan adanya acara pemasangan Kap dan janji mahasiswa bagi mahasiswa/siswi D3 Keperawatan dan D3 Fisioterapi Stikes Katolik St. Vincentius a.Paulo, Surabaya yang telah menyelesaikan masa studynya selama satu semester.

Acara ini sudah dimulai pada hari Senin 7-9 Maret 2011 berupa pembinaan mental di Ruang Poli Lt 2 dan sebagai pembimbing dalam kegiatan ini adalah Rm. Agung, SVD dengan tema Karakter Profesiku. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan pribadi yang baik, mandiri, matang, tangguh dan beriman. Acara ini dikemas dengan kreatif dan disesuaikan dengan gaya anak muda zaman sekarang sehingga banyak kesan bahwa acara ini sangat menarik dan tidak membosankan. Dalam sesinya Rm Agung, SVD menekankan bagaimana sebagai generasi penerus perlu mempunyai prinsip-prinsip dalam hidup dengan terlebih dahulu mengenal ciri-ciri karakter pribadi dan juga karakter profesi masing-masing.


Acara puncaknya pada hari Sabtu, 12 Maret 2011 yakni pemasangan kap (Caping Day) dan janji mahasiswa di gedung Emaus Lt. V. Dihadiri oleh para Direktur, Manager, kepala ruangan dan beberapa perwakilan dari komite keperawatan Rumah Sakit Katolik St. Vincentius a. Paulo, Surabaya. Hadir pula para dosen,karyawan dan karyawati serta beberapa perwakilan mahasiswa/siswi Stikes Katolik St. Vincentius a. Paulo, Surabaya. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan mereka sebagai calon perawat memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menyiapkan diri menjadi perawat yang mandiri dan bertanggung jawab. Sedangkan untuk Mahasiswa Fisioterapi diharapkan akan semakin termotivasi menyiapkan diri sebagai Fisioterapis yang memiliki kemampuan intelektual, skill dan pribadi yang baik.

Acara dimulai Pk 09.10 WIB diawali dengan prosesi mahasiswa D3 Keperawatan dan D3 Fisioterapi diikuti oleh Ketua Stikes beserta ketua program studi D3 Keperawatan dan wakil dari D3 Fisioterapi.

Dengan penuh hikmat mereka memasuki ruangan. Acara dibuka dengan doa pembukaan oleh Ibu Purwanti selaku Ketua pelaksana kegiatan ini dilanjutkan dengan laporan pendidikan oleh Ibu Yanti selaku pembantu ketua Satu STIKVINC dalam bidang akademik yang menyampaikan bentuk kegiatan bagi mahasiswa semester I yang sudah dimulai pada tanggal 27 September 2010 dengan jumlah mahasiswa D3 Keperawatan 45 orang dan D3 Fisioterapi 32 orang. Tahun ajaran baru diawali dengan Pengenalan Program Studi (PPS) selama 3 hari, pada tanggal 22-24 September 2010. Kemudian dilanjutkan kegiatan perkuliahan selama 14 minggu dan evaluasi pembelajaran melalui UTS dan UAS serta pembacaan peringkat 1-3. Disampaikan pula mengingat mahasiswa semakin banyak dan tidak mungkin tertampung di RSK St. Vincentius a. Paulo, Surabaya maka STIKVINC bekerjasama dengan Rumah Sakit pendidikan di Surabaya dan sekitarnya serta Rumah Sakit daerah sehingga menambah warna profil lulusan STIKVINC.

Setelah laporan pendidikan dilanjutkan dengan pemasangan Kap bagi mahasiswa D3 Keperawatan dan Pin bagi mahasiswa D3 Fisioterapi. Pemasangan Kap dan Pin diwakili oleh 3 mahasiswa (1 laki-laki dan 2 perempuan) oleh Sr. Maria Wijaya, SSpS, Ibu Mayesti dan Ibu Purwantini yang selanjutnya diikuti oleh seluruh mahasiswa.

Setelah pemasangan Kap dan Pin selesai, acara dilanjutkan dengan penyalaan lilin Florence Nightingale, pelopor keperawatan pertama di dunia oleh Ibu Yhenti. Penyalaan itu sebagai simbol memberi terang di dalam kegelapan, seperti yang dicerminkan dalam hidup Florence Nightingale. Penyalaan Lilin ini kemudian diikuti oleh seluruh mahasiswa. Setelah selesai acara dilanjutkan dengan pembacaan janji mahasiswa yang intinya berjanji menjadi mahasiswa yang bukan hanya pandai dalam pengetahuan dan keterampilan saja tetapi beretika dan bermoral. Setelah itu acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars dan Hymne STIKVINC oleh seluruh mahasiswa/siswi dan ditutup dengan doa penutup oleh Sr. Silvia, SSpS.

Sebagai rasa syukur atas terselenggaranya acara ini dengan baik dan lancar maka dilanjutkan dengan ramah tamah di Emaus Lt.V. yang diawali penampilan beberapa lagu dari mahasiswa/siswi dan mendengarkan beberapa sambutan. Sambutan pertama oleh perwakilan dari mahasiswa yang sedang berbahagia, kemudian dilanjutkan oleh Sr. Maria Wijaya, SSpS selaku Perwakilan dari Direktur Rumah Sakit. Setelah selingan persembahan lagu dari perwakilan S1 Keperawatan tingkat I & IV, Sr. Susana, SSpS selaku Ketua STIKVINC menyampaikan kata sambutannya.

Acara ditutup dengan foto bersama dan ucapan proficiat pada seluruh mahasiswa diiringi sebuah lagu oleh seorang mahasiswa S1 Keperawatan Tingkat 3. Acara selesai Pk 11.30 WIB.


Sr. Silvia, SSpS
Infokom no.14, Maret 2011

No comments:

Post a Comment