PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Saturday, August 29, 2015

Rekoleksi Keluarga di Komunitas Roh Kudus


Sejumlah ± 98 umat lingkungan Santo Tadeus 1 Paroki Gembala Baik Surabaya mengunjungi komunitas Roh Kudus pada tanggal 4-5 Juli 2015. Sebagian besar adalah keluarga perantau yang kebanyakan berasal dari daerah NTT. Mereka datang untuk wisata rohani, mengisi liburan dengan mengadakan rekoleksi bersama keluarga. Umat yang datang terdiri dari 23 pasang keluarga dengan 32 OMK dan 24 anak usia BIAK.

Rencana kedatangan mereka adalah sore hari, namun karena suasana libur akhir pekan membuat perjalanan mereka terhambat sehingga sampai di Blitar sekitar pukul 20.40 WIB. Ternyata rasa lelah tidak menyurutkan semangat mereka, setelah makan malam yang sudah terlambat, mereka tetap meminta untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Para orang tua dan OMK melanjutkan dengan pertemuan bersama, sedangkan para suster menemani anak-anak BIAK menonton film. Acara   berakhir sekitar pukul 22.30 WIB, dan setelah doa malam bersama mereka beristirahat.

Keesokan harinya setelah sarapan pagi, sekitar pukul 08.00 WIB mereka berangkat menuju ke Gua Maria Sendangrejo. Para Suster yang ikut mendampingi antara lain: Sr. Theresia Sako, Sr. Komang, Sr. Detha dan Sr. Krisna. Sampai di gua Maria, kami berdoaRosario yang dipimpin oleh Sr. Komang sambil menunggu kedatangan Rm. Sapto, CM. Kami mengadakan acara perkenalan dan hiburan di pendopo gua Maria, karena kemarin malam kami tidak punya banyak waktu untuk saling mengenal dan menyapa. Acara yang berlangsung sekitar 1 jam itu kami kemas dengan dinamika permainan dan gerak lagu yang membuat suasana akrab dan gembira.

Setelah romo datang, umat kemudian dibagi menjadi 3 kelompok, para orang tua mendalami materi rekoleksi bersama dengan Rm. Sapto, CM dengan tema “Maria Teladan Sukacita dalam Keluarga”. OMK didampingi oleh Sr. Theresia Sako SSpS dan Sr. Krisna SSpS untuk sharing bersama dan mengadakan beberapa permainan, sedangkan Sr. Komang SSpS dan Sr. Detha SSpS mendampingi anak-anak usia BIAK dengan beberapa permainan dan cerita. Masing-masing kelompok mendalami tema rekoleksi dengan cara dan ekspresi yang berbeda sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pendamping.

Acara setiap kelompok dilanjutkan dengan Misa penutup pada pukul 11.30 WIB, dipimpin oleh Rm. Sapto CM.Setelah makan siang bersama mereka melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi beberapa tempat rekreasi Makam Bung Karno, Candi Penataran dan langsung kembali ke Surabaya. Semoga pengalaman yang dialami selama rekreasi dan rekoleksi ini memberi berkat dan sukacita dalam keluarga mereka selanjutnya.


Sr. Komang, SSpS
Infokom Edisi 46, Juli 2015

No comments:

Post a Comment