PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Thursday, February 5, 2015

Perayaan St. Arnoldus di Surabaya


Perayaan St Arnoldus pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana perayaan Syukur yang bertepatan dengan tahun hidup bakti, oleh panitia dari SSpS dan SVD, mengusung tema “Panggilan Hidup Bakti dan Keluarga yang berdoa”. Acara ini dimulai dengan Triduum pada tanggal 11 Januari 2015, di kapel besar RKZ, Surabaya, pukul 19.30 WIB dengan tema “Keluarga sebagai lahan persemaian benih panggilan” dan dipimpin oleh Sr. Yohana SSpS, Sr Maria Rosari SSpS, perwakilan dari para Suster Komu-nitas RKZ. 


Dalam triduum hari pertama ini para Pater, Bruder SVD dan para Suster SSpS, diajak untuk merenungkan sekaligus mensyukuri kasih Allah dalam hidup panggilan sejak awal yaitu melalui keluarga yang menjadi lahan persemaian benih panggilan sekaligus menjadi motivator kita dalam membentuk dan menjadikan kita sebagai pribadi yang mengalami kasih Allah. Dalam dinamika yang dilam-bangkan dengan benih, semua yang hadir diajak untuk memilih sekaligus mena-namkan benih-benih (biji jagung, kacang merah, kacang tanah dll) pada tempayan yang diletakkan di depan Altar. 

12 Januari 2015, memasuki triduum hari ke-2 yang dikemas dengan Ibadat Sabda dengan tema “Doa sebagai sumber ke-kuatan hidup bakti” yang dipimpin oleh P. Dion SVD dan Br. Made SVD, perwakilan dari Komunitas SOVERDI. Mereka meng-ajak semua yang hadir untuk merenungkan keutamaan hidup St. Arnoldus terutama dalam hal doa yang sudah diajarkan oleh keluarga sejak kecil. Dimana doa menjadi kekuatan yang memampukan St. Arnoldus berani membuat pilihan untuk mengikuti Allah dan berani melawan arus kehidupan demi melaksanakan kehendak Allah. 

13Januari 2015, memasuki triduum hari ke-3 dengan teman “Sukacita dalam hidup panggilan” yang dikemas dalam ibadat sabda yang dipimpin oleh P. Silas SVD dan P.Sony Keraf SVD.  Semua yang hadir diajak untuk bersyukur atas rahmat panggilan sekaligus rahmat-rahmat Allah yang lainnya, yang telah memampukan putra-putri Arnoldus melaksanakan tugas perutusan dan terus memohon pendam-pingan Allah dalam melaksanakan setiap tugas yang dipercayakan sesuai dengan VISI dan MISI yang ada di berbagai belahan bumi. 

14 Januari 2015 sebelum dilaksanakan Ibadat Sore pertama yang dipimpin oleh para Suster Komunitas St. Agnes Surabaya, terlebih dahulu diadakan konferensi pada pukl 16.30 WIB, dengan tema “tantangan Hidup Bakti dan kerasulan Keluarga di tengah tantangan Zaman yang berubah” dan nara sumbernya yaitu P. Tboby M. Kraeng SVD. Konferensi ini dikemas secara menarik melalui slide yang menampilkan tentang situasi zaman sekarang dimana banyak orang muda yang lebih banyak tertarik dengan arus yang membahayakan diri dan merusak cita-citanya. Sebagai bahan permenungan, semua yang hadir diajak untuk merenungkan kembali “apa-kah kita masih setia pada janji setia hidup bakti dan bagaimana kerasulan kita dalam keluarga pada zaman ini? mengakhiri konferensi ini, P. Thoby M. Kraeng SVD mengingatkan kita bahwa misi kita adalah menjadi berkat bagi orang lain. 

Sebagai acara puncaknya tepatnya pada tanggal 15 Januari 2015 yang merupakan tanggal  wafatnya St. Arnoldus, diadakan Misa Syukur yang dipersembahkan oleh P. Silas SVD, P. Ketut Trisnoyanto SVD dan P. Thoby M. Kraeng SVD. Misa syukur ini dihadiri sekitar 150 orang, yang terdiri dari keluarga besar SVD dan SSpS Se-Surabaya dan beberapa Suster dari St. Maria, Batu yang kebetulan sedang berobat di RKZ Surabaya, perwakilan dari para Suster PRR, perwakilan SOVERDIA, PARK dan beberapa anak-anak asrama sekaligus peminat SVD dan SSpS. Misa syukur ini diadakan di kapel RSK St. Vincentius a. Paulo, Surabaya, pada pukul 17.30 WIB dan dimeriahkan oleh paduan suara gabungan SVD dan SSpS.

Dalam homilinya, P. Silas SVD mengajak kembali melihat hidup dan karya St. Arnoldus Janssen yang sangat jelas menun-jukkan ampuhnya doa sebagai sarana untuk terus mencari kehendak Allah dan adanya keyakinan yang mendalam tentang bakat dan kemampuan yang dianugerahkan Allah kepada kita. Arnoldus benar-benar menghayati apa yang dikatakan Kristus “carilah dahulu Kerajaan Allah dan ke-benarannya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu”. Kesungguhannya men-cari kehendak Allah memperluas wawasan kemampuannya untuk melihat tanda-tanda zaman dan membuat keputusan-keputusan yang sesuai dengan kehendak Allah. Bagai-manakah dengan diri kita sebagai generasi penerus St. Arnoldus yang secara pribadi telah dipanggil dan dipilih Allah untuk melaksanakan tugas perutusan yang dipercayakan kepada kita masing-masing sekaligus telah diberi kuasa menjadi Anak Allah.


Sebagai bentuk rasa syukur, setelah Misa Syukur selesai tepat pada Pk 19.00 WIB, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan rekreasi bersama di pendopo komunitas RKZ.  Untuk memeriahkan acara ini, beberapa rangkaian acara spontan ditam-pilkan baik dalam bentuk lagu maupun tarian yang dipersembahkan oleh perwakilan dari SVD, SSpS, PRR, anak asrama dan beberapa peminat.

















Sr. Theresia Sitriati SSpS
Infokom Edisi 42, Januari 2015





No comments:

Post a Comment