PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Thursday, January 22, 2015

SR. COELESTICA, SSPS DI TENGAH-TENGAH PARA SUSTER SSpS, SESAMA YANG DILAYANINYA DAN KELUARGA


  

Sr. Coelestica pada masa mudanya merupakan seorang suster yang sungguh rajin dalam bekerja, sregep. Dalam usianya yang uzur beliau masih penuh semangat dalam bekerja. Beliau juga dikenal sebagai orang yang tidak banyak bicara. Dengan pengalaman ini, ada pesan yang mendalam untuk para Suster generasi sekarang bahwa kita berkarya dengan rajin dan sungguh rajin tanpa banyak bicara.


Sr. Coelestica seorang SSpS yang memiliki ekspresi gembira, melayani dengan kegembiraan,  hati terbuka, sederhana, semangat kemiskinannya tampak dalam hidup ke-seharian saat makan ‘jangan ada sisa’. Tidak menuntut, sabar, tidak rewel, tidak cerewet dan tidak merepotkan. Dalam hidup berkomunitas beliau sangat perhatian pada sesama suster dan karyawan/ti. Perhatian pada hal-hal kecil, tanggung jawab, suka menggoda, lucu, dan sering bergurau, tegur sapa serta memperhatikan siapa saja yang bertamu. Sr. Colestica meski sakit kehadirannya justru membuat sesama terhibur karena tertawa dan se-nyumnya yang membuat orang semakin semangat dan senang. Beliau pun memiliki daya ingatan yang kuat, selalu ingat dengan karyawan/ti nya, bahkan mempunyai cara yang kreatif untuk mengingat nama-nama mereka.
 
Sr. Coelestica adalah sosok Abdi Roh Kudus yang setia, mencintai panggilan dalam hidupnya menjalankan tugas dengan setia, kritis terhadap suatu nilai. Beliau pun seorang suster yang imannya nyata dan kuat, hal ini terpancar dalam lagu favoritnya yakni: “Tuhan Yesus sembuhkanlah aku”. Hidup doanya pun kuat, rajin, selalu ikut doa bersama dan bergantian memimpin ibadat saat masa mudanya. Di masa tuanya beliau tetap mengajari ibu yang merawatnya untuk berdoa, bahkan detik-detik hari terakhir hidupnya masih berpesan agar memiliki iman yang kuat  ‘kuat nderek Gusti Yesus’.
           
Dalam keluarga, Sr. Coelestica terkenal tidak banyak bicara, pendiam, berbicara seperlunya saja, cekatan, sosok yang ramah, suka surat-menyurat, memiliki memory yang tajam, menerima apa adanya. Saat liburan beliau selalu berkunjung ke keluarga-keluarga, kalau ditawari jalan-jalan selalu menolak. Bagi beliau lebih senang berjumpa dengan keluarga dan me-rangkul/menyatukan seluruh keluarga. 

Terima kasih Sr. Coelestica SSpS untuk kesetiaan Suster menyerahkan hidup dalam Kongregasi, Provinsi, Komunitas, karya dan sesama. Terima kasih untuk teladan iman yang kuat dan kesederhanaan Suster sehingga kami dapat bertemu dengan Bapa, merasakan hadir-Nya melalui kehadiran Suster.  Selamat jalan dan selamat berjumpa dengan Dia, Allah Tritunggal Maha Kudus, yang memanggil dan mencintai Suster. Selamat jalan Sr. Coelestica doakanlah kami yang masih berziarah di dunia ini. Semoga kita berjumpa kembali di rumah Bapa tercinta. Amin.


Sr. Silvia SSpS
Infokom Edisi42, Januari 2015

No comments:

Post a Comment