PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Saturday, December 28, 2013

PENGALAMAN MISI LEWAT PERJALANAN DI HARI NATAL 24-28 DESEMBER 2013



Salah satu pengalaman Misi sebagai Pra novis kami alami bersama Sr. Anna Maria SSpS lewat perjalanan merayakan Natal dari satu tempat ke tempat lain. Perjalanan berawal dari Komunitas Trinitas Malang tanggal 24 Desember 2013 jam 04.30 WIB menuju terminal Arjosari-Malang ke terminal Bungurasih-Surabaya dan berlanjut perjalanan ke Rembang.





Rm. Widodo pr, Ibu Hilda dan Sr. Bibiana
di Komunitas Blora


Acara makan pagi di dalam bis saat menuju ke Rembang. Perjalanan baik dan lancar didukung suasana alam terang sehingga sampai Paroki St. Petrus dan St. Paulus Rembang sekitar jam 10.00 WIB. Kehadiran kami disambut baik oleh Rm. Eka Pr, Rm. Widodo Pr, Rm. Jatmiko Pr dan Fr. Vincent dari Surabaya yang asistensi di Rembang. Suasana kekelua-rgaan semakin kami alami saat santap siang di pastoran. Setelah itu kami dihantar Rm Widodo Pr ke rumah Ibu Hilda tempat kami tinggal selama 2 hari. Pk 19.00 WIB kami mengikuti Perayaan Ekaristi Malam Natal bersama umat di Gereja Paroki Rembang yang dipersembahkan oleh Rm Widodo Pr dan Fr. Vinsent. Suasana Malam Natal sangat menggembirakan. Setelah Perayaan Ekaristi kami berbagi sukacita, berbaur dan saling memberi ucapan Selamat Natal bersama umat.

Tanggal 25 Desember 2013 kami berjalan kaki mengunjungi umat di stasi St. Yakobus - Pacar tempat kami live in beberapa waktu yang lalu. Saat melangkahkan kaki menuju kampung nelayan hati kami berkobar-kobar. Rumah Bapak Kastamin dan Ibu Suji adalah rumah pertama yang kami singgah lalu beranjak ke rumah Bapak Sardi dan Ibu Yasmina dan seterusnya. Dalam kunjungan kami tidak terbatas umat Katolik tetapi setiap umat yang ada di kampung nelayan kami kunjungi. Mengingat sore hari ada Pera-yaan Ekaristi di Kapel Stasi St. Yakobus maka kunjungan kami akhiri pada pk 16.00 WIB.Dalam perjalanan misi di kampung nelayan ini kami mengalami kasih Allah dan sukacita yang terpancar lewat kesaksian hidup mereka.

Tanggal 26 Desember 2013 pk 05.30 WIB kami mengikuti Perayaan Ekaristi di Gereja  Paroki St. Petrus dan St. Paulus Rembang bersama Rm Jatmiko Pr. Setelah makan pagi kami melanjutkan perjalanan mengunjungi makam R.A. Kartini dan ber-lanjut ke  Pastoran Paroki St Pius X Blora lalu menuju  Komunitas St. Arnoldus – Blora bertemu Sr. Bibiana SSpS.  Makan siang di Komunitas Blora bersama Rm Iwan Pr dan Fr Theo. Setelah makan siang sekitar pk 13.30 WIB kami melanjutkan perjalanan ke Wonogiri rumah keluarga Yanti, lewat Purwodadi dan Solo dengan mini bis dan taxi. Sampai rumah Yanti sekitar jam 22.00 WIB, disambut penuh sukacita oleh ibu, adik dan keluarga Yanti.

Tanggal 27 Desember 2013 setelah makan pagi kami mengunjungi rumah beberapa keluarga dari Yanti, Kapel Stasi St. Martha desa Mlokomanis –Wetan Wonogiri dan Gereja Paroki St Yohanes Rasul Wonogiri. Menjadi kebahagiaan tersendiri kami ber-temu Rm. Sunaryadi Pr bersama 4 orang mudika dari Klaten yang menyempatkan untuk berkunjung ke desa Mlokomanis Wonogiri. Sharing bersama bapak dan ibu dari Yanti menjadi salah satu hadiah istimewa bagi kami di hari Natal tahun 2013 ini. Pengalaman indah dan luhur menjadikan kami semakin melihat ke-hadiran Yesus yang nyata dalam dunia ini.

Tanggal 28 Desember kami meninggalkan desa Mlokomanis Wonogiri menuju Solo dengan mini bis. Selama perjalanan kurang lebih 4 jam tidak menyurutkan semangat kami untuk bermisi menuju desa Jombor - Klaten menghadiri pemberkatan pernikah-an Lusia dan Hari  kakak dari Sr. Yuliana Dewi (novis I). Setelah Perayaan Ekarisri kami berarak menuju rumah keluarga dan santap siang, dan perjalanan misi berlanjut ke Jogya rumah keluarga Sr. Samiasih SSpS. Kami disambut dengan ramah oleh adik bungsu dari Sr. Samiasih SSpS yang hari ini melangsungkan pernikahan dan juga orang tua serta keluarganya. Perjalanan beranjak menuju Komunitas Trinitas Malang pada Pkl 23.40 WIB dengan travel dan sampai Komunitas tepat Pk 10.00 WIB.

Atas pengalaman perjalanan di hari Natal 2013, kami semakin mengalami rahmat Allah dan menemukan kegembiraan bersama sesama dalam mini bis yang telah menghantar kami dalam menjalankan tugas misi. Kami semakin dapat meng-hargai betapa mulianya jasa seorang sopir dan kernet. Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Sr Ines SSpS dan para formator yang mendukung kegiatan kami. 


                                                                                                     Nick (Pra novis) & Sr Anna Maria SSpS

Infokom Edisi 34 - Februari 2014



No comments:

Post a Comment