PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Sunday, December 15, 2013

PELATIHAN WIRAUSAHA CATERING BERSAMA KARYAWATI PPKM


Sr. Ana Maria Bersama dengan karyawati PPKM

Berawal dari rasa cinta pada dunia kuliner, Sr. Anna Maria SSpS tertarik pada pelayanan yang diberikan oleh Pusat Pastoral Keuskupan Malang dimana semakin hari tamu yang datang semakin bertambah dengan tingkat yang beragam mulai anak-anak jalanan, mudika, OMK, pasutri, pengurus lingkungan/wilayah, para guru agama se-Indonesia dan juga para biarawan/wati serta para romo.

Ketertarikan para tamu yang datang selain karena fasilitas yang nyaman dan memadai, hal yang tak kalah pentingnya adalah makanan yang disajikan. Nilai tambah dari PPKM ini adalah melayani tanpa melihat status dan tingkat ekonomi, dalam arti tarif standard bukanlah menjadi patokan dalam melayani tamu. Dalam menjawabi kebutuhan inilah dibutuhkan keahlian dalam menyediakan fasilitas dan mengolah makanan yang dihidangkan. Sederhana, sehat dan tampilan yang menarik.


Sejak bulan Nopember 2013 di mana Sr Rosa Damai SSpS mendapat tugas studi S3 di Bolivia, Sr Anna Maria SSpS membantu sementara dalam pengawasan operasional harian. Dari pengalaman perjumpaan dan bekerja sama dengan karyawan/wati PPKM menjadi ketertarikan untuk membagi pengalaman kerja dan ilmu management perhotelan, mulai penataan ruangan dengan dekorasi, pemeliharaan gedung, kebersihan lingkungan, penyimpanan dan pemeliharaan alat masak dan alat hidang serta pengolahan makanan mulai perencanaan sampai makanan tersaji.


Saat ini menu favorit dari para tamu adalah paket menu nasi buk yang terdiri dari nasi putih, lodeh tewel, babat goreng, mendol, dendeng ragi, serundeng dan sambal trasi dan paket menu nasi putih, sayur asem Betawi, pepes ikan tuna, dadar jagung dan sambal trasi, tak ketinggalan krupuk dan buah yang selalu tersaji di meja.

Menyadari perlunya mengembangkan ketrampilan dalam pelayanan yang semakin hari semakin membutuhkan kreatifitas, maka Sr. Anna Maria SSpS memberikan pelatihan singkat dan sederhana tentang wirausaha catering yang pada hari itu PPKM mendapat order sebanyak 255 lunch box untuk umat paroki Blimbing.

Syukur bahwa Tuhan menyediakan sarana untuk praktek secara langsung mulai dari penerimaan order, perencanaan, pengadaan bahan, pengolahan, penyajian dan evaluasi. Hal yang membahagiakan adalah dalam kesederhanaan para karyawati ternyata sangat antusias untuk belajar hal yang lama tetapi dikerjakan dengan cara baru dan lebih efisien waktu dan tenaga.

Perubahan yang sudah terlihat adalah kebun rapi dan hijau, ruang makan yang selalu bersih, tidak ada lagi tumpukan limbah dapur, alat tata hidang yang teratur dan bersih, alat masak dan ruangan dapur ditinggalkan dalam keadaan bersih dan performance mereka meyakinkan. Dari pengalaman pelatihan ini menjadi peluang untuk mengembangkan talenta, demikian komentar salah satu karyawati.



Sr. Anna Maria SSpS
Infokom Edisi 34 - Februari 2014

iNFOKOM e

No comments:

Post a Comment