PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Friday, August 9, 2013

JOGYAKARTA : Ziarah bersama OMK NTT

Para Suster Yunior SSpS dan Bruder Yunior SVD
saat di Gua Maria Tritis

Menjadi Orang Muda Katolik (OMK) yang berkarakter dan beriman adalah tema yang kami bawa untuk memperingati Hari Minggu Misi tanggal 23 Oktober 2011. Tema ini juga merupakan tema kegiatan para Suster Yunior SSpS dan Bruder Yunior SVD Yogyakarta bersama dengan Orang Muda Katolik NTT, untuk mengadakan ziarah ke Gua Tritis, Gunung Kidul. Kegiatan ini memang dikhususkan bagi OMK (Orang Muda Katolik) NTT yang berada di Yogyakarta yang sebagian besar merupakan Mahasiswa/siswi dari berbagai Universitas di Yogyakarta, tetapi juga bagi Mahasiswa/siswi yang berasal dari daerah lain untuk ikut terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan ini diikuti oleh 120 Mahasiswa/siswi NTT yang kuliah diberbagai Universitas tempat para suster dan bruder menempuh studi di Yogyakarta

Adapun maksud dan tujuan memilih OMK NTT dalam kegiatan ini adalah bukan bermaksud untuk menjadi NTT sentris atau hanya berpihak pada satu suku saja dan mengabaikan suku yang lain, tetapi pilihan ini merupakan suatu kebutuhan yang perlu untuk ditanggapi, berkaitan dengan penerimaan masyarakat terhadap Mahasiswa/siswi dari NTT yang ingin melanjutkan studinya di Yogyakarta. Kegiatan ini ternyata mendapatkan tanggapan yang positif dari OMK sendiri.

Kegiatan ini dikemas semenarik mungkin yang dimulai dengan perkenalan satu sama lain, doa bersama, syering pengalaman hidup yang terbagi dalam beberapa kelompok, penyampaian pesan dan kesan dengan diadakannnya kegiatan ini serta tindak lanjut selanjutnya. Syering yang dipandu ole para Suster dan Bruder ini mendapat manfaat yang bisa mereka alami dengan kegiatan ini adalah adanya persaudaraan, saling mengenal, belajar juga untuk saling memahami kesulitan mahasiswa/siswi yang studi di kota Jogyakarta ini. Peserta yang hadir tidak menyangka bahwa acara ini dikemas dalam bentuk syaring perkelompok sehingga mereka sangat antusias dengan kegiatan ini, dan bahkan mereka mengungkapkan kalau waktu untuk syering kurang dan perlu diperpanjang lagi.

Rm Ketut SVD saat mempersembahkan Perayaan Ekaristi bersama OMK NTT di Gua Tritis

Acara diawali dengan perkenalan tentang SSpS dan SVD oleh Br. Made, SVD selaku pendamping para Bruder Yunior Yogyakarta, kemudian peserta dibagi dalam kelompok untuk melakukan syaring perkelompok di aula kemudian dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi di Gua Tritis, yang dipersembahkan oleh Rm Ketut SVD. Melalui kotbahnya Rm Ketut mengingatkan kembali kewajiban kita sebagai mahasiswa/siswi yang hidup di tengah masyarakat yang menuntut kita untuk mampu membawa diri dengan mencintai sesama, kita dapat mencintai sesama jika terlebih dahulu mencintai diri sendiri, kedua hal itu dapat dilakukan jika kita dapat mencintai Allah.

Sesudah Perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan doa pribadi di patung Bunda Maria, lalu berkumpul kembali ke aula untuk makan siang bersama. Sebelum acara penutup perwakilan dari masing-masing kelompok menyampaikan kesan dan sekaligus pesan untuk kegiatan ini. Mereka ingin agar kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja melainkan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan berikutnya yang menjadikan mereka semakin mencintai Allah dan menjadi OMK yang berkarakter serta beriman Katolik yang benar. Acara ditutup dengan ucapan terima kasih oleh Sr. Patrisia, SSpS selaku ketua panitia kemudian doa bersama dan sayonara.
Foto para suster Yunior SSpS dan Bruder Yunior SVD bersama dengan Orang Muda Katolik Yogyakarta



Sr Maria Sanctisima SSpS

No comments:

Post a Comment