PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Saturday, January 19, 2013

Pra-Penanaman Pohon di Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul

Sebagai permulaan dari kegiatan yunior komunitas Roh Suci Yogyakarta yaitu penanaman pohon di Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, ada beberapa rangkaian kegiatan yang telah dan akan kami laksanakan. Kegiatan yang pertama, pada tanggal 9 September 2012, para Suster Yunior mengikuti pelatihan pembuatan pupuk kompos di komunitas, dan yang memberi pela- tihan adalah Br. Pius, SVD. Br. Pius merupakan mahasiswa dari Institut Pertanian Yogyakarta, dan dalam proses pelatihan ini, sebelum melakukan praktek tentang pembuatan pupuk kompos, kami juga dihantar untuk mengenalkan tentang apa itu kompos, bagaimana cara proses pembuatannya, serta keuntungan menggunakan pupuk kompos bagi kita.

Setelah pengantar, kami bersama dengan Br. Pius melakukan praktek bersama bagaimana membuat pupuk kompos, dengan bahan-bahan yang ada di lingkungan komunitas ditambah dengan kotoran sapi. Hasilnya satu minggu setelah pelatihan sampah-sampah yang telah kami kumpulkan telah sebagian besar terurai, dan satu minggu kemudian siap untuk kami panen.

Kegiatan yang kedua, tanggal 16 September 2012 kami mengadakan pelatihan pembuatan pupuk kompos, bersama petani di Desa Mbulu, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul. Para Suster dibagi dalam beberapa tim untuk pelaksanaan program ini, sehingga tim pembuatan pupuk (Sr. Fransiska, Sr Yasinta Anu Ota, Sr Yasinta Jehadut, Sr Frida Lioba, Sr Sophia, dan Sr Kiki) yang bertanggung jawab memberikan pelatihan kepada para petani di Desa Mbulu.

Dalam kegiatan ini kami juga tetap menghadirkan Br. Pius, SVD sebagai narasumber utama, untuk meyakinkan masyarakat bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang akan berkelanjutan, maka pen- ting bagi kami untuk menghadirkan orang yang berkompeten dalam bidangnya. Kegiatan ini juga dibantu oleh beberapa orang an-tara lain, Mas Toro, Didik (INSTIPER), Charles (UAJY), Advent dan Br. Endo (SADHAR) serta Br. John (UST).

Pelatihan ini dihadiri oleh petani Desa Mbulu yang berjumlah 15 orang, karena hari itu bertepatan dengan acara selamatan 1000 hari salah satu warga desa, sehingga warga tidak dapat hadir seluruhnya. Kegiatan dilaksanakan di rumah Pak Jumari selaku Kepala Dukuh Mbulu, dan mereka yang hadir cukup antusias mengikuti pelatihan ini. Acara diawali dengan pengantar dari Sr. Kiki, dilanjutkan dengan sambutan dari Pak Jumari kemudian dilanjutkan dengan materi dari Br. Pius serta praktek pembuatan pupuk. Acara ditutup oleh Sr. Kiki, kemudian kami berpamitan untuk pulang kembali ke Jogja.

Sr. M. Sanctisima, SSpS

No comments:

Post a Comment