PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Wednesday, January 30, 2013

"Couple Community" Tempat Berbagi

Komunitas RKZ, St. Vincentius a Paulo sebagai unit karya kesehatan mencoba menanggapi undangan Propinsi untuk memberi perhatian dalam misi khusus bagi saudara-saudari kita yang membutuhkan.

Melihat realitas dan kebutuhan pendampingan ODHA, maka diputuskan untuk memberi perhatian khusus pada sesama yang menderita HIV/AIDS. Bulan Desember 2012, genap satu tahun terbentuknya komunitas ODHA "Couple Community". Dalam menjalankan misi ini, komunitas RKZ dibantu oleh tim dari PKM dan Ibu Aniek Purwantini sebagai ketua. Beliau juga merupakan penderita yang memberikan perhatian untuk membantu sesamanya yang mengalami hal yang sama.

Sesuai dengan namanya, komunitas ini terdiri dari dari pasangan-pasangan suami istri yang positif menderita HIV/AIDS dan yang potensial tertular virus HIV/AIDS karena pasangan mereka sudah positif ODHA. Sejak setahun lalu (Desember 2011) mereka mengadakan pertemuan rutin, di aula lantai dua Poli Ciliwung 42, Surabaya. Pertemuan komunitas “Couple Community” yaitu setiap hari Kamis kedua setiap bulannya.
Salah seorang anggota "couple community" Sharing "tips menjaga kesehatan"
Ibu Niniek Purwantini menjelaskan rencana acara Peringatan hari ODHA

Kegiatan dalam pertemuan komunitas ODHA ini selalu diisi dengan berbagai macam kegiatan yang berbeda-beda. Kadang-kadang mereka diberi ketrampilan tangan. Kadang-kadang pertemuan tersebut diisi dengan seminar mengenai kesehatan dan kiat-kiat menjaga kesehatan, dengan mengundang nara sumber dari luar dan pada lain kesempatan acara diisi dengan sharing pengalaman, bertujuan saling belajar dan saling menguatkan.

Dalam setiap pertemuan sekitar 15-20 orang yang datang. Salah seorang ODHA mengatakan bahwa dengan terbentuknya komunitas ini, ia merasa sangat senang karena merasa memiliki saudara sependeritaan yang saling mendukung dan merasa lebih bersemangat untuk berjuang untuk hidup lebih baik meskipun dalam kondisi sakit. Dalam wawancara tersebut ia juga mengatakan bahwa di komunitas ini mereka bisa tertawa lepas sehingga tidak terpikir dengan sakit dan bisa melepas stress. Couple komunitas menjadi rumah bagi para ODHA dengan saling berbagi dan saling menguatkan satu sama lain.

Sr. Murni, SSpS

No comments:

Post a Comment