PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Tuesday, January 29, 2013

BERSAMA KRISTUS – MELINTAS BATAS (WITH CHRIST WE CROSS THE BORDER)


Genap sebulan, 11 calon misionaris (3 Suster dari Flores Barat, 3 Suster dari Jawa, 4 Suster dari Timor dan 1 Suster dari Timor Leste) mengikuti Orientasi Misi Bersama yang dimulai tanggal 6 September 2012 lalu.

Selama waktu itu, para Suster memperoleh materi-materi yang menjadi bahan refleksi untuk pembekalan diri. Sebagian besar materi diberikan oleh Sr. Delia SSpS, diantaranya tentang Landscape, Cangkir Hidup, culture shock, bahasa Inggris dan lain-lain.

Sr. Ines SSpS juga memberikan materi tentang Peta Kesadaran dan Keheningan Batin, sedangkan Sr. Teresa SSpS menyam-paikan materi tentang Misi. Pada sela-sela kegiatan ini, para Suster juga sempat berekreasi bersama menikmati area wisata di Jatim Park II, Selecta serta Alun-alun kota Batu.
Mengakhiri perjalanan selama sebulan, para peserta OMB memilih tema “Bersama Kristus – Melintas Batas” sebagai tema Misa Syukur Penutupan Orientasi Misi Bersama yang dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2012 di Kapela Biara Santa Maria, Batu. Perayaan syukur ini dipimpin P. Wayan Maryanta, SVD dan dihadiri oleh para Suster Komunitas St. Maria dan Syalom, serta Sr. Maria Widjaja, SSpS yang mewakili TPP.
Para suster OMB menari tarian ‘Pilgrim’
Sebelum Misa dimulai, para Suster peserta OMB memasuki kapel dengan tarian ‘pilgrim’ yang menggambarkan perjalanan para peziarah yang saling mendukung.

“Melintas batas tidak hanya sekedar tentang geografis, tetapi juga batas budaya, bahasa, ras dan juga kepribadian.” demikian Pater Wayan Maryanta, SVD mengawali homilinya. Perikop Injil Yohanes bab 4 tentang Yesus yang meminta air minum kepada perempuan Samaria menunjukkan dengan jelas bagaimana Yesus melintas batas dengan mengambil inisiatif awal untuk berdialog dengan perempuan Samaria tersebut. P. Wayan juga mengutip kata-kata almarhum P. Willy Lehman, SVD “bahwa yang utama bagi seorang misionaris adalah mewartakan kasih Kristus. Banyak tantangan dalam bermisi, tetapi ingat selalu bahwa Allah selalu menyertai”

Sr. Dina, SSpS

No comments:

Post a Comment