PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Thursday, September 29, 2011

SURABAYA: Pameran Pendidikan di SMAK St. Agnes


Pembukaan pemeran pendidikan yang dilambangkan dengan pelepasan burung merpati oleh Sr. Ludovica, SSpS selaku kepala sekolah dan ketua panitia pameran pendidikan serta dua perwakilan dari universitas.
10 September 2011, SMAK St. Agnes menggelar acara Pameran Pendidikan yang setiap tahunnya diadakan. Sebanyak 17 perguruan tinggi berpartisipasi dalam pameran pendidikan 2011 ini. Diantaranya adalah Ubaya (Universitas Surabaya), UKWM (Univeritas Katolik Widya Mandala), UC (Universitas Ciputra), UKP (Universitas Kristen Petra), James Cook University, Universitas Sanata Dharma dan beberapa universitas yang terkemuka di Surabaya. Siswa yang mengunjungi stand juga merasa sangat senang, mereka berpendapat jarang sekali mendapat kesempatan untuk langsung menanyakan tentang jurusan apa dan syarat masuk di universitas favorit mereka. Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dibuka oleh kepala SMAK St. Agnes yaitu Sr. Ludovica, SSpS dengan melepaskan empat ekor burung merpati dan 75 ekor burung gereja sebagai lambang bahwa dalam mencari perguruan tinggi yang akan kita pilih harus sesuai dengan minat dan kemampuan kita serta dalam bimbingan Roh Kudus. Bukan hanya siswa-siswi SMAK St. Agnes yang mengunjungi pameran tersebut tapi juga siswa-siswi dari SMKK Mater Amabilis dan SMPK Santa Agnes. Selain itu, orang tua/wali kelas XII juga banyak yang mendatangi stand-stand universitas tersebut karena selain pameran pendidikan, SMAK Santa Agnes juga mengadakan pertemuan orang tua kelas XII pada hari yang sama.


Banyak sekali kesan dan pesan yang tercurahkan, entah itu dari siswa, guru, panitia, bahkan para wakil Universitas yang datang ke St. Agnes untuk memaparkan kelebihan perguruan tinggi mereka. Berbicara tentang wakil perguruan tinggi, kami telah berhasil mewawancarai mereka tentang kesan dan pesan apa saja yang mereka sampaikan. Berikut hasil wawancara kami:

STTS (Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)

Dimulai dari STTS. Para mahasiswa yang menjadi wakil perguruan tinggi kenamaan Surabaya itu menyatakan bahwa mereka sangat senang dengan diadakannya pameran pendidikan yang berlangsung tahun ini. STTS memang selalu berpartisipasi setiap tahun dalam pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh St. Agnes. Selain untuk mensosialisasikan STTS kepada para siswa, mereka juga bertujuan untuk menumbuhkan minat siswa terhadap perguruan tinggi satu ini.
Namun, dibalik suka tentu terdapat duka. Salah satu duka mereka adalah di saat menjelaskan pelbagai hal mengenai perguruan tinggi mereka. Karena banyaknya yang harus dipresentasikan, mereka jadi mengeluh. “Capek,” ujar mereka. Walaupun begitu, ternyata mereka juga menyukai acara ini karena mereka melihat bahwa minat para siswa SMAK St. Agnes sangat bagus. Hal ini membuat mereka bersemangat untuk memberikan presentasi, dan tentu saja bersemangat untuk berpartisipasi di acara pameran pendidikan mendatang.

Universitas Ciputra

Lain lagi dengan para mahasiswa yang berasal dari Universitas Ciputra. Universitas ini setiap tahun telah mengikuti pameran pendidikan sampai berkali-kali, menyebabkan kesan pameran pendidikan ini terasa biasa bagi mereka. Namun begitu, mereka tetap mengikuti pameran pendidikan ini terus menerus dengan tujuan mencari mencari dan mengajak mahasiswa baru untuk masuk ke dalam Universitas ternama ini. Mereka juga ingin membagi pengalaman tentang kuliah di Universitas Ciputra.
Selain itu, para mahasiswa dari perguruan tinggi yang satu ini berkomentar tentang berbagai hal yang mungkin masih bisa ditingkatkan lagi dalam pameran mendatang. Salah satunya adalah tentang penataan ruang. Sebaiknya, ruangan-ruangan lebih ditata lagi karena penataan masih terlihat ruwet. Peletakan tatanannya juga masih belum maksimal.
Tentang para murid SMAK Santa Agnes sendiri, mereka berkata bahwa respons mereka terhadap perguruan tinggi ini cukup bagus. “Mungkin karena diberi tugas,” sahut mereka. Ada satu lagi kesan lain, yaitu murid St. Agnes terlihat sopan terhadap mereka. Semoga hal ini mendorong mereka untuk selalu berpartisipasi dalam acara pameran pendidikan selanjutnya.

James Cook University

Para mahasiswa dari universitas terakhir yang kami wawancarai ini rupanya baru pertama kali mengikuti pameran pendidikan Santa Agnes. Mereka menyatakan bahwa mereka sangat senang sekali mengikuti kegiatan ini. Tak hanya itu, mereka juga berkomentar bahwa para murid St. Agnes sangat menyenangkan. Pelayanan dari Santa Agnes sendiri dibilang baik.
Yang jelas, mereka menyatakan sangat suka sekali dengan pameran pendidikan Santa Agnes. Mereka datang dengan tujuan memberikan berbagai informasi seputar perguruan tinggi mereka, khususnya jalur-jalur yang dapat ditempuh seperti jalur prestasi, jalur biasa, dan lain-lain.


Ibu Endah Kusumastuti (Guru Bahasa Indonesia SMAK St Agnes)
Infokom no. 40, September 2011

No comments:

Post a Comment