PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Monday, August 22, 2011

BLITAR: Live In SDK Kristus Raja Surabaya


Sabtu 6 Agustus 2011 Komunitas Roh Kudus, Blitar mendapat tamu sebanyak 38 anak dan 5 guru pendamping dari SDK Kristus Raja Surabaya. Perjumpaan kami dengan mereka bukan untuk yang pertama kali karena tahun lalu mereka juga berkunjung ke Komunitas kita. Seperti biasa mereka di bagi menjadi dua kelompok putra dan putri. Untuk anak putri mereka tinggal bersama para suster di Komunitas Roh Kudus, sedangkan yang putra tinggal dan mengenal hidup membiara di Seminari Menengah St. Vincentius Garum.




Sr. Nining dan Sr. Paularita SSpS saat memperkenalkan SSpS kepada anak-anak SDK Kristus Raja-Surabaya

Yang berbeda dari kunjungan mereka kali ini adalah jumlah mereka bertambah dari tahun lalu dan kali ini lebih di Fokuskan pada anak yang menjadi katekumen dengan tujuan mengenal bagaimana hidup membiara. Mereka datang Pk 17.00 WIB setelah mengantarkan siswa putra di Garum. Senyum yang telah kami kenal saat mereka turun dari bus membuat kami semakin akrab dan penuh persaudaraan, meskipun sebagian dari mereka ada yang belum pernah datang ke komunitas namun mereka antusias untuk mengikuti kegiatan ini, Hal ini nampak dari wajah dan semangat mereka.

Setelah minum bersama di refter anak-anak langsung diminta menuju kamar asrama yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian dari mereka. Malam hari setelah Vesper dan makan bersama acara dilanjutkan dengan perkenalan dengan acara salam jumpa dan saling kenal. Pagi hari setelah Laudes kami mengajak mereka untuk mengikuti perayaan Ekaristi di Paroki St. Yusuf. Setelah pulang kami langsung sarapan dan jalan-jalan mengelilingi rumah dan kemudian berkumpul lagi bersama Sr. Paularita SSpS di depan Refter untuk mendengarkan syering bagaimana kehidupan religious misioner terutama mengenal tiga kongregasi yang didirikan oleh St. Arnoldus.

Setelah snack bersama kami memberi tugas untuk berkreasi membuat pakaian dengan bahan koran untuk setiap teman yang berada disebelah kanan mereka. Setelah waktu yang ditentukan habis mereka wajib memperagakan hasil rancangan itu didepan teman-teman. Disinilah kami menikmati kegembiraan dan kekreatifan mereka. Adapun maksud dari kegiatan ini adalah dalam kehidupan berkomunitas di manapun perlu adanya kepekaan hati untuk menghargai dan mengenal orang lain di sekitar kita.

Di akhir kegiatan mereka mengungkapkan terima kasih dan berharap bahwa tahun depan masih bisa berkunjung lagi ke komunitas Roh Kudus, Blitar. Kegiatan ini ditutup dengan makan siang bersama di refter dan setelah itu mereka mulai berkemas-kemas untuk kembali ke Surabaya. Mereka meninggalkan kami Pk 13.00 WIB. Perjumpaan kami dengan mereka meskipun hanya sehari namun memberikan warna lain. Semoga dengan kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi salah satu bentuk kesaksian bagaimana hidup membiara, sehingga merekapun suatu saat juga merasa terpanggil untuk ikut terlibat dalam karya pelayanan Gereja.

Sr. Yohana Nining SSpS 
Infokom no. 35, Agustus 2011

No comments:

Post a Comment