PROVINSI MARIA BUNDA ALLAH

di Jawa-Bali-Lombok-Sumatra-Papua, INDONESIA

Tuesday, April 12, 2011

BLITAR: Peringatan Hari Hutan dan Air Sedunia ala PAUD dan TK Katolik Santa Maria


Dalam rangka menyambut hari Hutan dan Air Sedunia, PAUD & TK Katolik St. Maria, Blitar mengadakan beberapa kegiatan.

Pada hari Senin, 21 Maret 2011, dari para Guru, semua anak mendapat penjelasan singkat tentang makna dan manfaat dari Hutan dan Air bagi kehidupan di dunia ini, serta diajak untuk menjaganya. Kegiatan ini dilakukan di kelas mereka masing– masing. Setelah itu anak-anak diminta untuk mewarnai gambar air dan pohon. Para Guru, merasa bahagia dan terharu ketika anak-anak begitu antusias saat mewarnai dan hasil goresan tangan mereka cukup bagus. Anak–anak juga merasa bangga melihat hasil karya mereka terlebih ketika mereka tahu bahwa hasil gambar tersebut akan mereka digunakan sebagai kartu ucapan yang akan di bagikan kepada orang lain pada hari Air sedunia.


Pada hari Selasa, 22 Maret 2011 bertepatan Hari Air Sedunia diadakan kegiatan bersama dengan melakukan tindakan kongkrit terhadap pemeliharaaan Hutan dan Air. Kegiatan ini diawali dengan berkumpul di halaman sekolah Pk 07.30 WIB. Sebelum melakukannya mereka mendapat penjelasan singkat tentang peristiwa hari ini dan hari kemarin. Suasana ini semakin hidup dengan adanya animasi “tepuk air”. Setelah itu ada pembagian kelompok berdasarkan jenis kegiatan. Kelompok I: Terdiri dari 13 anak dengan dipandu dua Guru, yang selanjutnya berjalan kaki membagi kartu ke SMP 5 , SMP 6, para pejalan kaki, bapak-bapak becak, orang-orang di POM Bensin, dan warung tenda yang mereka lewati. sedangkan tujuh anak yang di pandu Ibu Devi membagikan kartu ke para PNS dan Satpam di kantor Kabupaten maupun rumah dinas Walikota–Blitar serta di sekitar lampu lalulintas.


Tidak ketingggalan anak kelompok bermain juga turut ambil bagian ,dipandu oleh Sr. Kiki, SSpS dan Ibu Eni mereka membagi kartu ke orang tua mereka dengan mengatakan “Mari selamatkan bumi kita”. Para orangtua menerima kartu dan menyambut kehadiran anak-anak dengan penuh gembira. Semoga dengan kegiatan ini semua orang menjadi sadar dan tergerak hati dalam menyelamatkan kehidupan.


Sedangkan yang tergabung dalam Kelompok II. Bersama Sr. Ignasia, SSpS, Sr. Fidelia, SSpS ,Bp. Margono dan Bp. Manan terlibat aktif dalam aksi menanam bunga sansivera dan tanaman lain. Tampak sekali wajah penuh kegembiraan dari anak-anak, para Suster dan para guru.


Sebagai acara puncak dan sebagai ungkapan syukur atas hutan dan air yang boleh dinikmati hingga saat ini , keluarga besar PAUD & TK. Katolik St. Maria, Blitar mengadakan ibadat siang di alam terbuka sekaligus sebagai kesempatan untuk refleksi tentang cara hidup dan bagaimana mengelola alam selama ini, serta ajakan untuk mensyukuri betapa Allah mencintai dan meminta pertanggung-jawaban atas cintaNya yang besar itu.


Sr. Veronika Rukini, SSpS
Infokom no. 17,Maret 2011

No comments:

Post a Comment